kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harapan Jusuf Kalla terkait pimpinan baru KPK


Kamis, 04 Juli 2019 / 17:24 WIB
Harapan Jusuf Kalla terkait pimpinan baru KPK


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke depan merupakan sosok yang bersih dan berani memerangi praktik korupsi.

Kalla juga berharap, calon pimpinan KPK yang baru memiliki pengetahuan luas di bidang hukum dan kenegaraan agar tidak asal menangkap koruptor.

"Tentu memilih tokoh yang pertama, bersih dan mempunyai keberanian, pengetahuan tentang hukum, tentang masalah kenegaraan. Jangan asal ambil tangkap, tentu juga harus dilihat efek-efeknya," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (4/7).

Kalla menyoroti fungsi pencegahan tindak pidana korupsi pada lembaga antirasuah itu. Menurut dia, apabila KPK mampu mengedepankan proses pencegahan, tindak pidana korupsi di Indonesia dapat ditekan seminimal mungkin. "Iya, pencegahan (ditingkatkan)," lanjut Kalla. 

Diberitakan, Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) telah menerima 256 pendaftar hingga pukul 12.00 WIB di hari terakhir pendaftaran, Kamis ini. "Jumlah pendaftar sampai pukul 12.00 WIB hari ini sebanyak 256 orang," ujar anggota pansel KPK, Hendardi, kepada Kompas.com, Kamis. 

Adapun, batas akhir pendaftaran capim, yakni pukul 16.00 WIB. Sedangkan pendaftaran via daring ditutup pukul 00.00 WIB. Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih menyatakan, pansel kemungkinan besar tidak akan memperpanjang masa pendaftaran capim KPK yang berakhir hari ini. 

"Melihat perkembangannya kelihatannya tidak ada (tidak diperpanjang). Cukup kan, kita hanya memerlukan 10 calon dulu. Jadi kelihatannya sih kemungkinan besar tidak diperpanjang," ujar Yenti saat ditemui di Gedug Sektretariat Negara sebelum rapat pansel, Jakarta, Kamis. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Harapan Jusuf Kalla tentang Pimpinan Baru KPK"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×