kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinergi Lutfi dan Jerry di Kemendag diharapkan kerek kinerja perdagangan ke depan


Kamis, 24 Desember 2020 / 21:48 WIB
Sinergi Lutfi dan Jerry di Kemendag diharapkan kerek kinerja perdagangan ke depan
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Wamendag Jerry Sambuaga usai serah terima jabatan dari Agus Suparmanto di Kemendag, Jakarta, Rabu (23/12/2020)


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sinergi Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga akan menjadi kunci bagi perbaikan kinerja perdagangan Indonesia.

Pengamat ekonomi Indef, Esther Sri Astuti berharap keduanya bekerja keras dan saling melengkapi. Pasalnya masih banyak agenda perdagangan Indonesia yang harus dituntaskan, antara lain menjaga surplus perdagangan, peningkatan ekspor produk yg mempunyai nilai tambah, peningkatan local content (TKDN)  pada produk produk ekspor Indonesia, peningkatan daya saing produk ekspor.

Sebagi solusinya  menurut Esther pertama adalah bahwa Kemendag dan K/L lain harus punya koordinasi yang kuat untuk mendukung sinergitas agar kebijakan yg dikeluarkan dapat mendorong surplus perdagangan. Kedua,  penguatan database untuk mengidentifikasi potensi pasar bagi produk produk Indonesia.

Oleh karena itu, menurut Esther perlu dibangun kesepahaman dan peran masing-masing sejak awal.

"Hari-hari pertama ini sangat krusial dalam membangun komunikasi dan kesepahaman bersama itu. Saya berharap di tahap ini mereka sudah mencapai itu dan merumuskan solusi dan kerangka kerja yang tepat untuk menyelesaikannya," ujarnya dalam keterangannya, Kamis (24/12).

Baca Juga: Mentan: Indonesia memiliki stok beras yang cukup

Menanggapi hal tersebut Jerry mengaku bahwa ia siap bekerja sama dengan siapa saja yang menjadi Menteri. Menurut Jerry, Muhammad Lutfi adalah pekerja keras sekaligus intelektual dalam perspektif ekonomi dan perdagangan. Lutfi juga dikenal Jerry sebagai pribadi yang terbuka dan kolaboratif.

"Selalu siap. Apalagi dengan Pak Lutfi yang kapasitas dan reputasinya sudah kita ketahui bersama. Saya merasa terhormat bisa bekerja sama dan mendukung beliau." kata Jerry.

Jerry mengamini agenda-agenda perdagangan yang urgent sebagaimana disebutkan Esther. Untuk itu, ia akan mendukung kerja Mendag baru sesuai dengan tupoksinya sebagai wamendag.

"Pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo perdagangan Indonesia bertransformasi dan punya struktur kuat untuk memenuhi tantangan di dalam negeri maupun di luar negeri. Saya akan mendukung mendag dengan meningkatkan kinerja dan melanjutkan percepatan penyelesaian perdagangan dan meningkatkan ekspor nasional sesuai tupoksi saya." tambah Jerry.

Baca Juga: Pemerintah pastikan stok bahan pokok saat Natal dan Tahun Baru aman

Muhammad Lutfi dilantik Presiden Joko Widodo Rabu (23/12/20)  menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Lutfi pernah menjabat sebagai wakil menteri perdagangan dan kemudian menjadi menteri perdagangan mengganfikan Gita Wiryawan pada masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, Muhammad Lutfi juga dikenal sebagai mantan Ketua Hipmi dan mantan Kepala BKPM.

Jerry adalah mantan anggota Komisi I dan politisi Partai Golkar. Kinerjanya bagus sebagai wamen.Hal ini diakui sendiri oleh Muhammad Lutfi dalam konferensi pers pasca pelantikan kemarin.

Selanjutnya: Budi Gunadi menggantikan Terawan sebagai Menkes jadi sorotan media internasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×