kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ridwan Kamil Belum Bisa Memastikan Maju Pilkada DKI Jakarta atau Jawa Barat


Kamis, 02 Mei 2024 / 21:31 WIB
Ridwan Kamil Belum Bisa Memastikan Maju Pilkada DKI Jakarta atau Jawa Barat
ILUSTRASI. Mantan gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan utamanya Bakso Tjap Haji sudah punya sertifikat halal, punya peternakan sapi hewan sendiri, punya rumah pemotongan hewan (RPH) bersertifikat halal, dan punya pabrik k pengolahan daging sapi sendiri hingga menjadi bakso yang memiliki dua sertifikat, pertama sertifikat halal, sertifikat kedua adalah sertifikat HACCP.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku belum bisa memastikan akan maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta atau Jawa Barat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang.

Emil, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa keputusan itu baru akan disampaikan dalam 1-2 bulan ke depan karena masih dibahas dan dipertimbangkan bersama partai politik dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga: Daftar Tokoh Politik yang Akan Maju Pilkada 2024 Jakarta & Bekasi, Cek Jadwal KPU

”Kalau sekarang itu masih menghitung survei, masih membahas dengan partai-partai, masih terlalu awal. Mungkin sebulan, dua bulan lagi kepastian saya ke Jakarta atau saya di Jawa Barat disampaikan,” kata Emil dalam keterangannya, Kamis (2/5/2024).

Wakil ketua umum Partai Golkar ini mengaku tidak ingin terburu-buru karena masih ada waktu untuk menimbang dan memperhitungkan banyak hal.

Di satu sisi, Emil merasa peluang dirinya maju di Jawa Barat sangat bagus, karena ia merupakan petahana. Aakn tetapi, hasil survei calon gubernur di Jakarta juga menempatkan mantan wali kota Bandung itu di posisi teratas.

”Sehingga saya harus konsultasi dulu ke semua pihak. Khususnya kepada para pimpinan partai,” ujar Emil Emil pun mengaku belum ada persiapan yang akan dilakukan untuk menghadapi pilkada karena keputusannya baru diambil dalam hitungan bulan ke depan. "Nanti saya kabari keputusannya, enggak bisa sekarang,” kata dia.

Baca Juga: Daftar Nama Calon Menteri Prabowo-Gibran Beredar, Begini Tanggapan TKN

Sementara itu, Emil memastikan bahwa istrinya, Atalia Praratya, tidak akan mencalonkan diri sebagai calon wali kota Bandung pada Pilkada 2024.

Menurut dia, Atalia akan fokus berjuang di DPR karena sudah lolos ke Senayan pada Pemilu 2024.

”Sementara kami sudah mendiskusikan (Atalia Praratya) tidak ikut pilkada. Tapi, tentu harus konsultasi dengan DPP (Partai Golkar) juga,” ujar Emil.  

Partai Golkar sendiri juga belum memutuskan ke mana Emil akan ditugaskan pada Pilkada 2024 mendatang.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebutkan, Emil sudah ditugaskan oleh Golkar untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Namun, di sisi lain, Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, Golkar lebih ingin Emil maju sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Baca Juga: Pilkada 2024, Ini Daftar Tokoh yang Diusung Golkar

"Kami kalau dari Golkar lebih mendorong saudara Ridwan Kamil untuk maju di Jawa Barat kembali. Dengan segala perhitungan kami secara politik dan pembangunan di Jawa Barat mungkin Pak RK lebih relevan lebih bermanfaat berguna untuk masyarakat Jawa Barat," kata Doli di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Doli mengungkapkan, ada sejumlah kader Golkar yang disiapkan menjadi calon gubernur DKI Jakarta apabila Emil maju di Pilkada Jawa Barat.

"Kita lagi cari nama lain, kan kemarin ada tiga yang kita rekomendasikan kan. Ada Pak Ridwan Kamil, Erwin Aksa, dan Ahmed Zaki Iskandar," kata Doli.

"Nah kita nanti sedang menjajaki kemungkinan kalau Pak Ridwan Kamil benar-benar kita putuskan di Jawa Barat tinggal dua nama. Atau mungkin nanti bisa jadi ada nama baru yang muncul kan gitu," imbuh dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Maju di Pilkada Jakarta atau Jabar, Ridwan Kamil: 1-2 Bulan Lagi Kepastiannya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×