kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerapan teknologi pertanian hambat produksi padi


Selasa, 29 November 2011 / 13:16 WIB
Penerapan teknologi pertanian hambat produksi padi
ILUSTRASI. Masyarakat harus makin waspada, termasuk dengan mengenali gejala virus corona.


Reporter: Rika Panda | Editor: Edy Can

JAKARTA. Produksi padi terancam lantaran petani tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi yang disarankan pemerintah. Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Undoro Kasih Anggoro mengatakan, ketidakmampuan petani melaksanakan teknologi itu lantaran keterbatasan modal.

Anggoro mencontohkan petani yang memperoleh bantuan program Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu. Selama masa program, dia mengatakan, produktivitas pangan seperti padi, kedelai dan jagung lebih bagus.

Namun, ketika sudah tidak mendapatkan bantuan pemerintah, dia mengatakan, petani akan kembali ke cara lama. "Mereka tahu itu baik, mau melakukannya lagi apalagi dengan bantuan pemerintah. Tetapi kalau bantuannya kami kasih petani yang lain, dia akan bilang akan bercocok tanam sesuai dengan dompetnya," ujarnya, Selasa (29/11).

Walau demikian, pemerintah masih optimistis produksi pangan khususnya padi akan meningkat. Sebab, dia beralasan, ketersediaan pupuk dan benih cukup baik ditambah kondisi iklim yang memadai.

Anggota Komisi IV DPR Rofi’ Munawar mengatakan optimisme ini harus sejalan dengan realitas yang terjadi di lapangan. Sebab, dia menilai target produksi beras 2011 tidak optimal.

Salah satunya karena lahan sawah yang semakin sempit. Rofi’ mengatakan, luas sawah nasional yang hanya 8 juta hektare dan sulit bertambah.

Dia mencatat sepanjang tahun 1991 – 2008 laju konversi lahan sawah sebesar 365.459 hektare tetapi di kurun waktu yang sama penambahan luas sawah hanya sebesar 364.459 Ha. Sehingga hampir dua dekade telah terjadi defisit sawah sekitar 1.000 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×