kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah sepakati kerja sama dagang dengan Auckland senilai 5,4 juta dolar


Sabtu, 17 Maret 2018 / 20:42 WIB
Pemerintah sepakati kerja sama dagang dengan Auckland senilai 5,4 juta dolar
ILUSTRASI. Pesawat Air New Zealand


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan melalui delegasi bisnisnya di Auckland, Selandia Baru, mencatatkan potensi transaksi US$ 5,4 juta dalam misi dagang yang dilaksanakan pada Jumat (16/3).  Kunjungan tersebut merupakan misi dagang pertama Indonesia ke Selandia Baru di tahun 2018. 

"Potensi transaksi dalam misi dagang ke Selandia Baru akan terus bertambah karena masih ada pertemuan business to business (B2B) antara pelaku usaha Indonesia dan Selandia Baru di Wellington," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Arlinda usai melaksanakan one on one business matching di Hotel Pullman Auckland, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (17/3). 

Arlinda menjelaskan, one on one business matching merupakan satu kegiatan dari sekian rangkaian misi dagang Kemendag ke Selandia Baru. Misi dagang tersebut dimulai di Auckland pada Jumat dan akan berakhir di Wellington pada Senin (19/3).

Adapun hasil kerja sama dagang dengan Auckland berasal dari negosiasi produk kopi, tenaga kerja perkebunan dan permesinan, pupuk, serta produk turunan kelapa sawit. Sementara pelaku usaha asal Indonesia yang turut serta dalam kerja sama tersebut bergerak di sektor produksi kopi, kertas, produk agro, dan minyak kelapa sawit. 

"Turut serta para pelaku usaha sektor jasa tenaga kerja dan investasi geotermal," tutur Arlinda.

Menurut Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, produk Tanah Air diperkirakan akan semakin diminati oleh masyarakat di Selandia Baru. Total potensi transaksi sebesar 5,4 juta dolar AS ini juga disebut sebagai nilai yang besar untuk ukuran Selandia Baru.

"Ini langkah yang baik dari hubungan kedua negara untuk mencapai total perdagangan Rp 40 triliun yang harus dicapai pada 2024 mendatang," ujar Tantowi. 

Kemendag mencatat, tren perdagangan Indonesia dengan Selandia Baru meningkat 15,72% menjadi US$ 1,19 miliar dibanding tahun 2016. Total ekspor Indonesia ke Selandia Baru pun mencapai US$ 437,8 juta, setara dengan 1,09% total impor Selandia Baru dari seluruh dunia. 

Sementara total ekspor Selandia Baru ke Indonesia untuk periode yang sama sejumlah US$ 751,1 juta atau 0,47% dari total impor Indonesia yang berasal dari seluruh dunia. (Andri Donnal Putera)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Sepakati Kerja Sama Dagang dengan Auckland Senilai 5,4 Juta Dolar AS"
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×