kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkes minta agar protokol kesehatan tidak kendor, kasus Covid-19 di daerah meningkat


Selasa, 04 Mei 2021 / 09:56 WIB
Menkes minta agar protokol kesehatan tidak kendor, kasus Covid-19 di daerah meningkat
ILUSTRASI. Menkes minta agar protokol kesehatan tidak kendor, kasus Covid-19 di daerah meningkat


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta semua pihak tidak mengendorkan penerapan protokol kesehatan. Budi mengingatkan, ada kenaikan kasus positif Covid-19 di sejumlah daerah. 

"Jangan terburu-buru mengendorkan protokol kesehatan. Kenapa? Pertama, memang secara keseluruhan kita menurun, tetapi di beberapa provinsi kita melihat ada kenaikan," ujar Budi dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan YouTube Sekretaiat Presiden, Senin (3/5/2021). 

"Baik dari sisi konfirmasi kasus positif, maupun dari sisi pasien yang masuk rumah sakit dan juga dari sisi kematian (akibat Covid-19)," kata dia. 

Budi menggarisbawahi sejumlah daerah di Sumatra yang mengalami kenaikan kasus, seperti Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh. 

Baca Juga: Pandemi Covid-19 belum terkendali, masyarakat harus waspadai klaster libur Lebaran

Selain itu, kenaikan kasus juga terjadi di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan yang disebabkan ada banyak pekerja migran Indonesia kembali dan masuk lewat perbatasan di kedua provinsi itu. 

"Walaupun kenaikan ini masih bisa kita kendalikan, tetapi tugas saya mengingatkan kepada teman-teman karena kalau ada kenaikan, selalu sifatnya eksponensial sehingga akan sulit kita mengontrol," tuturnya. 

"Lebih baik kita kontrol pada saat naiknya baru sedikit," ucap Budi Gunadi Sadikin. 

Sementara itu, berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada 3 April 2021, masih tercatat adanya penularan Covid-19 di Tanah Air. Satgas melaporkan ada penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 4.730 orang dalam 24 jam terakhir. 

Baca Juga: Waspada, mutasi virus corona asal India dan Afrika Selatan telah masuk Indonesia

Penambahan tersebut membuat jumlah total kasus Covid-19 di Tanah Air mencapai 1.682.004 orang sejak kasus perdana diumumkan pada 2 Maret 2020. Dari jumlah itu pula terdapat 1.535.491 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. 

Jumlah tersebut didapatkan setelah pasien sembuh bertambah sebanyak 4.773 orang dalam 24 jam terakhir. Sementara itu, pasien meninggal dunia kini mencapai 45.949 orang setelah bertambah 153 orang dalam sehari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkes: Jangan Buru-buru Kendorkan Protokol Kesehatan, Kasus Covid-19 Naik di Sejumlah Daerah", Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Bayu Galih

Selanjutnya: Perlu kesadaran masyarakat dan konsistensi aparat mengatasi penyebaran Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×