kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkes: Besok, 15 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac tiba


Senin, 11 Januari 2021 / 14:05 WIB
Menkes: Besok, 15 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 dari Sinovac tiba
ILUSTRASI. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, 15 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19 buatan Sinovac akan kembali tiba di Tanah Air pada Selasa (12/1) besok. 

“Ada sedikit berita baik, 15 juta bahan baku vaksin akan datang insyaallah dari Sinovac besok,” ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (11/1). 

Setelah vaksin tiba, lanjut Budi, Bio Farma akan segera memprosesnya agar bisa didistribusikan ke masyarakat. Diperkirakan produksi vaksin tersebut bisa rampung di akhir Februari. 

“Ini akan bisa diproses oleh Bio Farma dalam jangka waktu satu bulan sehingga nanti di awal Februari kita sudah punya 12 juta vaksin jadi dari 15 juta bahan baku,” kata mantan Wakil Menteri BUMN itu. 
Sebelumnya, vaksin Covid-19 dari perusahaan asal farmasi asal China, Sinovac, sebanyak 1,8 juta dosis telah tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (31/12). 

Baca Juga: Menkes: Vaksinasi dimulai Rabu, dimulai dari Presiden Jokowi

Kedatangan vaksin tersebut merupakan tahap kedua setelah pengiriman tahap satu sebesar 1,2 juta dosis vaksin pada 6 Desember 2020 lalu. Dengan demikian, sudah ada 3 juta dosis vaksin yang ada di Indonesia. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, setelah kedatangan vaksin jadi tahap II tersebut, Indonesia juga akan menerima 15 juta dosis vaksin dalam kondisi belum jadi dari Sinovac. Nantinya, vaksin tersebut akan dimanufaktur oleh PT Bio Farma (Persero). 

"Dalam waktu dekat ini diharapkan sebanyak 15 juta dosis vaksin dari Sinovac yang kemudian akan dimanufaktur oleh Bio Farma akan tiba juga di Indonesia," kata dia dalam konferensi pers yang ditayangkan secara virtual. (Akhdi Martin Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Besok, 15 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 dari Sinovac akan Tiba di RI".

Selanjutnya: Cegah penyebaran corona, China lockdown sebuah kabupaten di Provinsi Heilongjiang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×