: WIB    —   
indikator  I  

Menag kontrol fasilitas jemaah haji di Arab Saudi

Menag kontrol fasilitas jemaah haji di Arab Saudi

JAKARTA. Beberapa bulan jelang Idul Adha, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beserta rombongan kembali mengecek kepastian dan kesiapan sejumlah fasilitas bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi. Pada hari kedua di Saudi, Minggu (18/06), Menag Lukman mengecek kesiapan hotel jemaah haji Indonesia di Madinah.

Dalam peninjauannya, Lukman meminta petugas yang bertanggung jawab dalam bidang pemondokan untuk memperhatikan rasio kepadatan antara luas kamar dengan jumlah jamaah setiap kamar. Penempatan jemaah di setiap kamar tidak boleh melebihi ketentuan tasrih yang ditetapkan Pemerintah Saudi sehingga kenyamanan jemaah terjaga.

"Petugas pemondokan juga harus memastikan bahwa di setiap lantai tersedia air minum untuk jemaah," kata Lukman dikutip dari laman resmi Kementerian Agama , Senin (19/6).

Pada hari itu, ada dua hotel yang ditinjau Lukman, diantaranya hotel dengan jarak terdekat dan terjauh dari Masjid Nabawi, hotel ini akan ditempati 10.000 jemaah haji Indonesia. Untuk hotel yang terjauh, Lukman meninjau Hotel Anwar Fidi 1 & 2. Hotel ini berkapasitas masing-masing 450 orang. Jarak hotel ini dengan masjid nabawi sejauh 1,1 km, namun pihak penyedia layanan hotel akan menyediakan transportasi bagi jemaah haji Indonesia.

Selain pemondokan, Lukman dan rombongan juga mengecek dapur penyedia katering jemaah haji Indonesia. Dapur yang dikunjungi ini adalah Bihar Haar yang baru dikontrak tahun ini untuk melayani konsumsi jemaah haji Indonesia di Madinah.

Tak hanya itu, Lukman dan rombongan kemudian mengakhiri pengecekan dengan mengunjungi Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Lukman beserta rombongan dijadwalkan berada di Arab Saudi sampai 22 Juni untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan ibadah haji, baik di Madinah, Makkah, maupun di Arafah dan Mina.


Reporter Ramadhani Prihatini
Editor Dupla Kartini

HAJI

Feedback   ↑ x
Close [X]