kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,03   5,39   0.58%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KUR Rp 7 triliun menyasar 171.000 penggilingan padi


Kamis, 12 April 2018 / 10:54 WIB
KUR Rp 7 triliun menyasar 171.000 penggilingan padi
ILUSTRASI. Petani panen padi


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usia mesin yang sudah tua membuat industri penggilingan padi skala kecil tidak efisien. Data pemerintah menunjukkan dari total 182.000 mesin penggilingan padi yang tercatat di Indonesia, sebanyak 172.000 di antaranya merupakan milik penggilingan padi kecil yang usianya sudah senja.

Oleh karena itulah, pemerintah mengaku akan menggelontorkan pendanaan dalam skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk melakukan revitalisasi mesin penggilingan padi yang sudah tua. KUR juga bisa dimanfaatkan untuk membeli mesin pengering padi. Sebab saat ini, tidak banyak penggilingan padi kecil yang mempunyai mesin ini.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, KUR diberikan untuk membantu pengusaha penggilingan padi merevitalisasi mesin penggilingan dan pengeringan padi. "Mereka banyak yang over capacity, makanya dengan kredit ini diharapkan bisa mempermudah mereka merevitalisasi dan memenuhi mesin pengering," katanya dalam pernyataan resmi, Rabu (11/4).

Untuk itu saat ini pemerintah bersama Himpunan Bank Pemerintah (Himbara) terus mematangkan besaran KUR yang akan diberikan kepada pengusaha penggilingan padi dan skema penyalurannya. Targetnya, perumusan skema akan diselesaikan pekan depan. "Supaya nantinya skemanya tidak kaku, akan diperbaiki yang kurang," katanya.

Pemberian KUR menjadi jawaban dari keluhan yang disampaikan Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi). Pada pekan lalu mereka mendatangi Kantor Kementerian Koordinator Ekonomi untuk meminta penyaluran KUR.

Ketua Perpadi Soetarto Alimoeso menyatakan, besaran KUR yang diminta Perpadi adalah Rp 7 triliun. KUR hanya khusus diberikan untuk pengusaha penggiling gabah berskala kecil dengan kapasitas produksi 10-15 ton per hari. Skema pembayaran cicilan KUR diharapkan fleksibel, per waktu panen atau enam bulan sekali. "Untuk bunganya bisa sesuai dengan peraturan yang ditetapkan yaitu sebesar 7%," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×