kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub fasilitasi pembuatan SIM A kolektif untuk sopir taksi


Jumat, 23 Februari 2018 / 11:22 WIB
Kemhub fasilitasi pembuatan SIM A kolektif untuk sopir taksi
ILUSTRASI. UJIAN SIM ONLINE


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan akan menggelar pembuatan SIM A umum kolektif bagi operator atau pengemudi angkutan sewa khusus (online) dan taksi reguler wilayah Jabodetabek. Pembuatan SIm A umum kolektif ini akan digelar pada Minggu (25/02) bertempat di Ex Air Mancur Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta mulai pukul 07.00 WIB.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub, Budi Setiyadi mengatakan, pemerintah memfasilitasi pembuatan SIM A umum agar para pengemudi angkutan online dan juga taksi reguler dapat bekerja dengan tenang sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami bekerja sama dengan pihak swasta melalui program CSR untuk memberi insentif bagi para pengemudi angkutan online dan taksi reguler yang akan membuat SIM A Umum, setiap pendaftar hanya dikenakan biaya sebesar Rp.100.000 per orang. " kata Budi dalam keterangan resminya, Jumat (23/2).

Budi bilang, proses pembuatan SIM A umum kolektif ini tetap melalui prosedur yang sudah diterapkan oleh Kepolisian. Dirinya berharap agar para pengemudi angkutan online ataupun angkutan taksi reguler dapat segera memenuhi ketentuan yang berlaku yaitu memiliki SIM A umum.

Sementara itu, untuk kemudahan permohonan uji KIR bagi kendaraan angkutan online, Budi menegaskan  dipermudah itu prosedurnya, namun kualitas pengujian kendaraan tersebut tetap secara teknis harus benar-benar memenuhi persyaratan keselamatan dan laik jalan.

Kemhub bekerjasama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, didukung pihak swasta menggelar kegiatan ini dengan kuota keseluruhan 600 orang dari Jabodetabek. Para pendaftar terlebih dahulu akan mengikuti pelatihan di ISDC komplek Satpas Jalan Daan Mogot KM 11 Jakarta yang dijadwalkan pada Sabtu (24/2) lusa.

Selanjutnya, agenda serupa juga akan digelar di Surabaya, Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×