kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkeu pelototi rapor merah BUMN setelah PMN


Kamis, 07 September 2017 / 18:41 WIB
Kemenkeu pelototi rapor merah BUMN setelah PMN


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Pemerintah telah mengucurkan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan lembaga dalam dua tahun terakhir. Namun, ada beberapa yang malah merugi setelah mendapatkan PMN.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencatat, sebanyak 26 BUMN memperoleh kenaikan laba bersih usai diberikan suntikan modal. Namun, ada sembilan BUMN dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) yang justru mengalami penurunan laba bersih setelah menerima PMN.

Adapun enam BUMN yang kerugiannya justru bertambah pada 2016 dan empat BUMN yang rugi bersihnya berkurang. Oleh karena itu, pihaknya akan memanggil dan melihat kinerja di dalam pengawasan PMN ini.

“Kami memeriksa semua neracanya. Tahun lalu argumennya pencairan ada pada akhir tahun, sehingga ini tidak berarti uangnya hilang. Kami minta Menteri BUMN untuk melakukan pengawasan, kami lakukan pengawasan juga oleh Wakil Menteri Keuangan,” kata dia di Gedung DPR RI, Kamis (7/9).

Sri Mulyani mencatat, BUMN yang mengalami kerugian ini sebagian besar berada pada sektor perkebunan, di antaranya adalah PT Dok Perkapalan Surabaya (Persero), PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT Perkebunan Nusantara X (Persero), PT Perkebunan Nusantara IX (Persero), PT Perkebunan Nusantara VII (Persero), dan PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). 

Asal tahu saja, pada 2015 pemerintah mengalokasikan dana PMN sebesar Rp 64,8 triliun dan telah terealisasi penggunaannya sebesar Rp 47,8 triliun atau 75%. Namun, ada beberapa perusahaan BUMN yang penggunaan PMN 2015nya masih di bawah 50% atau tidak sesuai dengan business plan. Padahal, sebelum mengajukan PMN, perusahaan-perusahaan BUMN tersebut wajib menyampaikan rencana kerja dan penggunaan modal tersebut. 

Penyebabnya di antaranya keterlambatan perizinan dan pemilihan mitra strategis untuk pembangunan proyek, masih dalam proses tender pengadaan, dan keterlambatan proses pengadaan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×