NASIONAL
Berita
Kemenakertrans kembangkan holtikultura di lahan transmigrasi NTB

PENGEMBANGAN LAHAN

Kemenakertrans kembangkan holtikultura di lahan transmigrasi NTB


Telah dibaca sebanyak 812 kali

JAKARTA. Pemerintah mencanangkan pengembangan tanaman holtikulura di kawasan transmigrasi Jeringgo, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, pencanangan pengembangan tanaman holtikulura di kawasan Jeringgo ini bakal dijadikan salah satu proyek percontohan (pilot project) dalam pengembangan budidaya pertanian yang ramah lingkungan dan aman di kawasan transmigrasi.

Kawasan Jeringo merupakan kawasan yang diarahkan sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru dan kawasan penempatan penduduk yang terkena pembangunan waduk Pandan Dure. Sesuai dengan SK Pencadangan Areal oleh Bupati Lombok Timur, seluas 240 Ha dan direncanakan akan diperluas 500 ha, sehingga luas kawasan ini menjadi 740 Ha.

Tanaman-tanaman hortikultura yang akan dikembangkan di kawasan transmigrasi antara lain terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan seperti cabe, buah naga, tembakau, bawang merah, dan kacang-kacangan serta tanaman hias, dan tanaman obat-obatan.

Muhaimin mengatakan, budidaya pertanian di lahan transmigrasi menjadi salah satu strategi dalam pembangunan dan pengembangan transmigrasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan transmigrans dan masyarakat di sekitarnya.

"Pemerintah fokus melakukan terobosan dan inovasi di bidang pertanian di kawasan transmigrasi agar menghasilkan produk-produk pertaniannya yang mampu berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia," ujar Muhaimin di Jakarta.



Telah dibaca sebanyak 812 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Bisnis properti tiarap dulu

    +

    Industri properti menyambut 2014 dengan pesimistis.

    Baca lebih detail..

  • Mobil baru bermunculan kendati pasar stagnan

    +

    Pelemahan ekonomi membuat pasar otomotif tak melaju cepat.

    Baca lebih detail..