: WIB    --   
indikator  I  

Jokowi akan buat layanan khusus izin investasi

Jokowi akan buat layanan khusus izin investasi

KONTAN.CO.ID - Presiden Joko Widodo gerah dengan Izin Investasi yang masih berbelit- belit.  Sebagai solusi permasalahan tersebut, saat ini, pemerintahan sedang merancang tempat khusus (gedung) untuk melayani Izin Investasi dari pusat sampai daerah.

Tempat khusus tersebut ditargetkan bisa dibentuk awal tahun depan. "Kelembagaannya nanti bisa di bawah Kementerian Perekonomian, BKPM atau yang lain. Ini sedang disiapkan," kata Jokowi kepada Kontan di Jakarta, Senin (28/8).

Izin Investasi walaupun pemerintah sudah mengeluarkan berbagai paket kebijakan ekonomi masih berbelit. Dalam rapat evaluasi Satgas Percepatan Pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi, Ketua Himpunan Kawasan Industri Sani Iskandar  mengatakan, walau Indonesia saat ini menarik dan dipandang menguntungkan, investor masih bingung dengan perizinan investasi di Indonesia.

Kebingungan itu salah satunya menyangkut perbedaan pengurusan ijin investasi antara di PTSP pusat dan daerah. Kebingungan juga disebabkan oleh kebijakan pusat dan daerah yang tidak sinkron.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Perdagangan dan Industri Edy Putra Irawadi mengatakan, akibat masalah tersebut, Indonesia gagal mendapatkan banyak investasi. Dari aliran investasi dunia setiap tahun yang mencapai US$1.471 miliar, yang bisa ditarik Indonesia hanya 1,97% nya saja.


Reporter Agus Triyono
Editor Johana K.

JOKOWI

Feedback   ↑ x
Close [X]