: WIB    —   
indikator  I  

JICA: Kereta semi cepat di rute Jakarta-Surabaya

JICA: Kereta semi cepat di rute Jakarta-Surabaya

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kajian kereta Jakarta-Surabaya masih menunggu keputusan final terkait prastudi kelayakan (pre- feasibility study) oleh pemerintah Indonesia. Pihak Japan International Cooperation Agency (JICA) pun saat ini tengah menyelesaikan kajian tersebut.

Senior Representative Indonesia Office JICA Tomoyuki Kawabata bilang meski kajian tersebut masih perlu sinkronisasi oleh  kementerian terkait di Indonesia. Tapi pihaknya telah mempunyai hitungan awal terkait proyek ini.

Ia bilang hasil penghitungan awal, JICA mensurvey bahwa dengan menggunakan jalur yang ada, kereta semi cepat bisa dijadikan pilihan untuk proyek ini. Lantas penggunaan tenaga diesel bisa menjadi salah satu pilihan untuk kereta tersebut.

Dengan hitungan tersebut, dia bilang jarak Jakarta-Surabaya sepanjang 748 kilometer bisa ditempuh sekitar 5,5 jam dengan kecepatan rerata 160 km/per jam.Tapi hitungan awal ini akan tergantung keputusan pemerintah Indonesia.

"Ini hasil survey yang kami purpose ke Indonesia. Tapi ini masih akan dikombinasi dengan hasil dari pemerintah Indonesia,"kata Kawabata di Kantor Kedubes Jepang, Senin (13/11).


Reporter Ramadhani Prihatini
Editor Markus Sumartomjon

PROYEK INFRASTRUKTUR

Feedback   ↑ x
Close [X]