kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini progres terkini pengerjaan proyek MRT Jakarta


Rabu, 07 Maret 2018 / 20:40 WIB
Ini progres terkini pengerjaan proyek MRT Jakarta
ILUSTRASI. Presiden Jokowi meninjau proyek MRT Jakarta


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menyatakan setidaknya di Februari 2018 progres pengerjaan secara total mencapai 91,86%.

"Rinciannya, paling tidak pengerjaan untuk konstruksi layang 87,99% dan untuk bawah tanah sudah 95,76%," ungkap Sekretaris Perusahaan MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah saat ditemui wartawan di proyek MRT Bundaran HI, Rabu (7/3).

Sementara untuk kesiapan rel, ia memastikan saat ini total rel yang terpasang pun sudah 11.314 meter. Dengan begitu pihaknya memastikan untuk seluruh konstruksi akan rampung pada Juli 2018. Kendati begitu, sayangnya saat Asian Games, MRT belum bisa digunakan.

Alasannya, masih perlu diuji cobakan. "Jadi memang sebelum Asian Games MRT sudah rapi tapi belum bisa dioperasikan," tambah Tubagus.

Adapun, uji coba direncanakan pada Mei tahun ini dan memakan waktu setidaknya 10 bulan. Sehingga, nanti Maret 2019 sudah bisa dioperasikan secara komersil.

"Awalnya akan diuji coba di Dipo Lebak Buluk lalu ke Blok M terlebih dahulu, pokoknya uji coba secara bertahap lah," sambungnya.

Untuk keretanya sendiri, Tubagus memastikan paling tidak kereta kan datang pada 26 Maret tahun ini sebanyak dua dari total 16 rangkaian kereta.

Satu rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong. Adapun satu gerbong dapat memuat 200 penumpang. "Yangmana kereta datang dari Nippon Sharyo, produsen kereta Shinkansen, Jepang," jelas Tubagus.

Terkait hal ini, Presdien Joko Widodo kembali menegaskan untuk target MRT tidak boleh molor lagi. "Proyek ini akan rampung dan selesai dioperasionalkan secara komersial Maret tahun depan. Tidak ada mundur lagi," tegas Presiden.

Tak hanya itu, Presiden juga memastikan saat pargelaran Asian Games 2018 Agustus nanti, sudah tidak ada lagi seng-seng yang di atas tanah proyek MRT. Dengan kata lain, seluruh proyek sudah bersih baik di area trotoar kawasan Senayan hingga Semanggi.

Pasalnya, dalam acara olahraga terbesar se-Asia itu Jakarta ditargetkan akan dikunjungi paling tidak 30.000 orang. "Saya pastikan ini sudah dalam keadaan siap dan nanti sudah bersih, indah, dan tepat waktu," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×