: WIB    —   
indikator  I  

Dicari investor 12 proyek senilai Rp 40 triliun

Dicari investor 12 proyek senilai Rp 40 triliun

KONTAN.CO.ID -Perhelatan Asia Europe Meeting/ASEM Transport Ministers Meeting di Bali,  26-28 September 2017 bakal jadi ajang Kementerian Perhubungan untuk menawarkan sejumlah proyek. Ada 12 proyek yang bakal ditawarkan dengan nilai Rp 30 triliun hingga Rp40 triliun.

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah ingin menjaring investasi asing dalam setiap kegiatan internasional yang diselenggarakan di Indonesia. Salah upaya lewat Asia Europe Meeting/ASEM Transport Ministers Meeting. Apalagi, beberapa delegasi negara yang dijadwalkan hadir di Bali antara lain Inggris, Rusia, Luxemburg, Latvia, Polandia, dan Hungaria. Selanjutnya Jepang, India, China, Filipina, Malaysia, dan Singapura.  "Kami ingin sekali investasi semakin baik karena inflasi kita rendah, sentimen internasional juga positif. Jadi minimal kami harapkan Rp30 triliun," jelasnya, Senin (25/9).

Menurutnya, sejumlah proyek sudah dilirik beberapa investor asing.  Antara lain: proyek pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung diminati investor China dan Belanda. Investor dari Uni Emirat Arab tertarik masuk di proyek Makassar New Port. Adapun Proyek New Priok Development, Pelabuhan Kijing, dan Pelabuhan Tanjung Api-api, Pelabuhan Sorong, dan kanal Cikarang Bekasi Laut (CBL) bakal ditawarkan ke investor asing.

Di transportasi darat, Kemhub juga akan menawarkan proyek kereta api Makassar--Pare Pare dan kereta ringan atau ligh rapid transit (LRT) Bandung. Di Surabaya, proyek kereta dalam kota atau Trem juga bakal ditawarkan ke investor. Termasuk juga,  pengembangan Bandara Kuala Namu dan Bandara Internasional Lombok. “Investor China dan India menyatakan minat untuk berinvestasi di dua proyek itu,” ujarnya. Rencana one on one meeting dengan beberapa negara bahkan sudah dilakukan.

Pemerintah juga sudah menyiapkan agenda pertemuan khusus dengan sejumlah utusan guna membahas keselamatan transportasi dan kualitas pelayanan. Negara yang diundang antara lain Luxemberg dan Korea Selatan. Rencananya, kegiatan itu  dihadiri oleh 18 menteri dan 51 perwakilan dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, dua organisasi internasional juga dijadwalkan hadir.

 

Inilah 12 Proyek Infrastruktur yang ditawarkan ke Investor

1. Pelabuhan Kuala Tanjung Rp30 triliun

2.  Pelabuhan Kalibaru         Rp12 triliun

3. Kanal Cikarang Bekasi Laut Rp3,4 triliun

4. Pelabuhan Makassar New Port Rp1,89 triliun

5. Pelabuhan Kijing         Rp5,6 triliun

6. Pelabuhan Sorong Seget Rp2,4 triliun

7. LRT Bandung                 Rp1,3 triliun

8. Trem Surabaya         Rp2,7 triliun

9. Kereta Api Makassar - Pare Pare Rp8,25 triliun

10. Pengembangan Bandara Kuala Namu Rp20 triliun

11. Pengembangan Bandara Lombok         NA

12. Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya NA


Reporter Tantyo Prasetya, Titis Nurdiana
Editor Titis Nurdiana

INFRASTRUCTURE PROJECTS

Feedback   ↑ x
Close [X]