: WIB    --   
indikator  I  

Darmin: Ketegangan teluk bisa pengaruhi minyak

Darmin: Ketegangan teluk bisa pengaruhi minyak

JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memandang ketegangan geopolitik di Timur Tengah akibat pemutusan hubungan diplomatik beberapa negara teluk kepada Qatar, dapat berdampak pada harga minyak global.

"Kalau harga minyak ya bisa saja ada pengaruhnya. Tetapi itu kan tidak hanya terhadap Indonesia saja," kata Darmin ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (6/6).

Para analis mengatakan, keputusan sejumlah negara Arab untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar yang kaya gas akan memberlakukan isolasi regional ketat pada Doha. Ini menimbulkan kekhawatiran tentang kesepakatan global untuk mengurangi produksi minyak.

Sebelumnya, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik mereka dengan Qatar. Pemutusan hubungan diplomatik tersebut dilakukan dalam waktu yang berdekatan, yaitu Senin (5/6) pagi waktu setempat.

Bahrain menjadi negara pertama yang melakukan pemutusan hubungan dengan Qatar, kemudian disusul oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Mesir.

Keempat negara tersebut memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dengan alasan bahwa negara tersebut dituduh mendukung terorisme.

Arab Saudi juga menuduh Qatar mendukung kelompok garis keras dan menyebarkan paham kekerasan mereka, sementara Bahrain menuduh Qatar telah mencampuri urusan dalam negeri Bahrain.

(Calvin Basuki)


SUMBER : Antara
Editor Rizki Caturini

HARGA MINYAK BUMI

Feedback   ↑ x
Close [X]