: WIB    —   
indikator  I  

BI siapkan uang tunai Rp 167 triliun untuk Lebaran

BI siapkan uang tunai Rp 167 triliun untuk Lebaran

JAKARTA. Bank Indonesia (BI) bakal menyiapkan tambahan uang tunai di musim puasa dan Lebaran tahun ini. Jumlah uang yang akan disediakan tahun ini lebih tinggi dibanding tambahan uang tunai tahun lalu karena tingginya minat masyarakat terhadap uang emisi tahun 2016.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan puasa dan lebaran tahun ini, BI akan menyiapkan uang tunai Rp 167 triliun. Jumlah itu naik 14% ketimbang saat puasa dan Lebaran tahun lalu sebesar Rp 146 triliun. Selama 10 tahun terakhir, peredaran uang tunai saat puasa dan Lebaran rata-rata memang naik 14%. Tahun ini, Lebaran menjadi puncak tertinggi peredaran uang tunai, yakni sebesar Rp 691 triliun.

Menurut Agus, lebih tingginya jumlah uang tunai tambahan itu disebabkan oleh jumlah hari libur yang lebih banyak dibanding 2016, bertepatan dengan libur sekolah, pembayaran tunjangan hari raya untuk pegawai negeri sipil dan karyawan swasta, dan penambahan titik penukaran uang hasil kerjasama BI dengan perbankan. Selain itu, "Minat masyarakat terhadap uang emisi 2016 tinggi," ujarnya.


Reporter Adinda Ade Mustami
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

BANK INDONESIA / BI

Feedback   ↑ x