NASIONAL
Berita
BI rate naik, pemerintah harapkan bank tidak menaikkan suku bunga kredit

DAMPAK BI RATE

BI rate naik, pemerintah harapkan bank tidak menaikkan suku bunga kredit


Telah dibaca sebanyak 1504 kali
BI rate naik, pemerintah harapkan bank tidak menaikkan suku bunga kredit

JAKARTA. Pemerintah berharap industri perbankan tidak menaikkan suku bunga kredit setelah Bank Indonesia mengerek suku bunga acuan menjadi 6,75%. Alasannya perbedaan suku bunga kredut dengan deposito masih lebar.

“Saya harapkan dengan demikian maka yang pertama jangan latah nanti perbankan, jadi tidak perlu ikut-ikutan," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Jumat (4/2). Sebaliknya, Hatta berharap, industri perbankan justru menurunkan suku bunga kreditnya.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia telah menaikkan suku bunga acuang sebesar 25 basis poin (bps) atau 0,25% menjadi 6,75%. Bank sentral mengambil keputusan tersebut sebagai langkah antisipatif untuk mengendalikan ekspektasi inflasi yang mulai meningkat.

Hatta menghimbau, pihak perbankan hendaknya juga melihat inflasi sehingga adanya keseimbangan antara BI rate dengan suku bunga perbankan. Namun, dia tetap berharap perbankan juga bisa menyeimbangkan suku bunga dengan inflasi.

Editor: Edy Can
Telah dibaca sebanyak 1504 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • DJP minta caleg dan capres transparan data pajak

    +

    Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan presiden baru sebentar lagi mewarnai tahun 2014

    Baca lebih detail..

  • Akbar Tandjung siap jadi cawapres Jokowi

    +

    Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung menyatakan siap maju sebagai bakal calon wakil presiden, termasuk berpasangan dengan Joko Widodo

    Baca lebih detail..