kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,60   5,14   0.56%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Basuki targetkan renovasi GBK rampung Oktober


Rabu, 09 Agustus 2017 / 08:59 WIB
Basuki targetkan renovasi GBK rampung Oktober


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Demi mendukung kesuksesan penyelenggaran Asian Games XVIII pada Oktober 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus memacu penyelesaian pembangunan dan renovasi arena olahraga di sejumlah tempat.

Antara lain di Komplek Gelora Bung Karno (GBK) dan Komplek Jakabaring Palembang. Kemudian pembangunan wisma atlet Kemayoran, Jakarta dan Palembang. Serta penataan kawasan GBK dan wisma atlet Kemayoran.

Untuk memastikan penyelesaian pekerjaan sesuai jadwal dan kualitas pekerjaan memenuhi standar yang ditetapkan untuk digunakan dalam Asian Games, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengecek progres pembangunan dan renovasi arena olahraga dan penataan kawasan di Komplek Olahraga GBK Senayan, Jakarta, Selasa (8/8).

Peninjauan dimulai dari Stadion Utama GBK. Basuki mengecek kualitas pengerjaan lintasan atletik stadion utama yang menggunakan sistem full PU Polyurethane juga dicek kualitas pekerjaannya.

“Seluruh pekerjaan pembangunan dan renovasi infrastruktur untuk mendukung Asian Games ke-18 harus dikerjakan secara rapi dan berkualitas,” kata Basuki melalui keterangan tertulis, Selasa (8/8).

Kunjungan dilanjutkan meninjau pekerjaan renovasi Stadion Renang (Aquatic Center). Renovasi yang dilakukan juga akan memenuhi standar internasional yang dipersyaratkan oleh induk cabang olahraga renang internasional (FINA) dan akan menjadi salah satu stadion renang terbesar di Asia.

Progres pekerjaan renovasi Stadion Utama GBK saat ini telah mencapai 82%, sementara stadion renang sebesar 75%. Kedua arena olahraga tersebut ditargetkan rampung pada 10 Oktober 2017.

Tak hanya meninjau kesiapan arena olahraga, Basuki juga meninjau progres penataan kawasan Kompleks GBK. Penataan ini bertujuan memperbaiki landskap kawasan GBK sehingga lebih berkualitas dan menyatu dengan bangunan-bangunannya. “Hasilnya harus lebih baik dari sekarang, pekerjaannya harus rapih, jangan sampai ada bagian yang tidak ditangani," katanya.

Basuki bilang, progres pekerjaan penataan kawasan GBK saat ini telah mencapai 12%, karena penandatanganan kontraknya dilakukan pada 18 Mei 2017 dan ditargetkan selesai pada 31 Desember 2017.

Pekerjaan penataan kawasan GBK terbagi menjadi dua paket pekerjaan, yakni paket Zona 1 dan Zona 2. Untuk paket pekerjaan Zona 1 ditangani oleh PT Adhi Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp 253,8 miliar dan paket pekerjaan Zona 2 ditangani oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp 323 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×