kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahana kerek outlook inflasi tahun ini


Jumat, 17 Februari 2017 / 12:17 WIB
Bahana kerek outlook inflasi tahun ini


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Mengawali tahun ini, tekanan inflasi sudah menghantui Indonesia. Ada sejumlah faktor yang mendongkrak tingkat inflasi saat ini. Salah satunya, pada Januari, pemerintah menaikkan tarif untuk biaya perpanjangan STNK dan listrik. Hal ini mengakibatkan naiknya risiko tekanan harga-harga yang diatur oleh pemerintah.

Belum lagi faktor cuaca buruk yang bisa menjadi ancaman gagal panen untuk beberapa bahan pokok.

Kenaikan tekanan harga sudah tercermin pada inflasi Januari yang tercatat sebesar 0,97% secara bulanan atau sebesar 3,49% secara tahunan. Melihat risiko kenaikan harga-harga, Bahana merevisi naik tingkat inflasi hingga akhir 2017 menjadi 4,4% dari prediksi sebelumnya sekitar 3,8%.

"Inflasi pada Februari dan Maret memang kemungkinan akan lebih rendah dibanding Januari, namun karena curah hujan masih tinggi, ada kemungkinan panen beberapa bahan pokok terganggu, jadi kedepan masih ada tekanan harga," kata Ekonom Bahana Sekuritas Fakhrul Fulvian.

Dia menambahkan, keputusan BI mempertahankan suku bunga acuan sudah tepat dengan melihat perkembangan inflasi dan kestabilan keuangan global.

Mengingatkan saja, bank sentral kemarin memutuskan BI 7-day repo rate tetap sebesar 4,75% untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Level tingkat suku bunga ini dinilai masih cukup kondusif untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi yang sedang berjalan saat ini.
Rapat dewan gubernur juga terlihat semakin optimistis dengan pemulihan ekonomi yang terjadi secara global terutama didukung oleh AS dan Tiongkok, diikuti dengan peningkatan harga komoditas global yang masih akan berlanjut.

Pemulihan ekonomi global ini tentunya memberi dampak positif terhadap ekonomi domestik yang diperkirakan akan tumbuh sekitar 5% - 5,4% sepanjang tahun ini.

Fakhrul memperkirakan, pertumbuhan ekonomi ditahun ini akan tercatat sebesar 5,3%.

Bank Indonesia akan mengoptimalkan bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan karena masih ada sejumlah risiko yang harus diwaspadai dari global terutama kebijakan AS dan risiko geopolitik di Eropa. Sedangkan dari dalam negeri bersumber dari penyesuaian harga-harga yang diatur pemerintah yang berdampak terhadap inflasi.

Melihat masih tingginya tekanan harga ke depan serta optimisme terhadap pemulihan ekonomi semakin kuat, Bahana pun merevisi perkiraan suku bunga acuan BI 7-day repo rate dan melihat ruang pelonggaran semakin terbats dalam tahun 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×