kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warga Penuhi Halaman Istana Merdeka untuk Upacara HUT Kemerdekaan ke-78 RI


Kamis, 17 Agustus 2023 / 08:56 WIB
Warga Penuhi Halaman Istana Merdeka untuk Upacara HUT Kemerdekaan ke-78 RI
ILUSTRASI. Warga Penuhi Halaman Istana Merdeka untuk Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Halaman Istana Merdeka mulai riuh dengan warga yang memakai baju adat untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78.

Dari pantauan Kontan.co.id nampak busana adat dari Sabang sampai Merauke memeriahkan upacara peringatan HUT Ke-78 RI tahun ini.

Salah satu undangan Ialah Muhammad Koharuddin bersama sang istri Pipit. Kohar dan istri datang langsung dari Banyuwangi Jawa Timur. Keduanya mendapatkan undangan upacara melalui war undangan yang dibuka Sekretariat Presiden sebelumnya.

Kohar dan Pipit nampak mencolok dari undangan lain saat berjalan lantaran memakai busana pengantin Mupus Braen Blambangan yang menjadi adat khas Banyuwangi Jawa Timur.

"Ini kami war kebetulan sepasang dapatnya di pengibaran. Jadi saya dapat di tanggal 5, istri dapat di tanggal 8. Nggak bareng war-nya tapi kebetulan dapat di sesi pengibaran berdua," kata Kohar di Komplek Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8).

Warga di HUT RI 78

Pipit mengatakan, ia mulai merias dan persiapan dari pukul 05.00 WIB. Tak tanggung-tanggung kedua pasangan ini tak hanya membawa busana adat saja dari Banyuwangi namun bunga yang dikenakan untuk hiasan juga dibawa langsung dari Banyuwangi.

"Persiapan mulai dari jam 05.00. Bunga bawa dari Banyuwangi langsung," kata Pipit.

Keduanya mengatakan baru pertama kali menghadiri upacara di Istana Merdeka. Sebelumnya mereka hanya menyaksikan upacara melalui televisi.

"Ini momentum, karena kita dengarkan Ini upacara terakhir kemerdekaan di Istana Merdeka. Tahun depan kan kalau nggak salah sudah upacara di IKN. Makanya kita antusias bisa ikutan bisa gabung, syukur kalau bisa berdua, tapi ternyata Alhamdulillah bisa berdua ini bentuk nikmat," jelas Kohar.

Sementara itu, Renny Fernandez salah satu undangan yang hadir di Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI mengatakan Ia datang melalui undangan dari Sekretariat Presiden sebagai perwakilan profesional. Tahun ini jadi kali ketiga Renny menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta.

"Ini ketiga kalinya, terakhir waktu tahun 2019 kemarin. Saya dapat undangan mewakili profesional," kata Renny.

Baca Juga: Pertama Kali, Otorita IKN Gelar Upacara HUT RI ke-78 di Sumbu Kebangsaan IKN

Tahun ini Renny memilih mengenakan baju adat dari daerah Lampung. Ia mengaku baru menentukan busana yang akan dipakai dari semalam.

"Ini baju adat Lampung kebetulan temenku punya UMKM punya kerajinan kain dari Lampung nah ini sekalian promoin. Nama UMKM temenku Kalianda," kata Renny.

Ia mengaku, sangat antusias mengikuti upacara peringatan HUT Ke-78 RI. Penggunaan baju adat bagi para undangan yang datang menjadi alasan Renny antusias.

"Aku dateng sendiri dan aku selalu senengĀ  ikut upacara disini, waktu 2019 kesini. Karena tumbuh lagi jiwa nasionalisme apalagi bagu kita yang tinggal di luar. Kebetulan aku tinggal di Inggris dan ini khusus extend buat hadiri ini," jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×