kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Wapres: Perkuat ekosistem keuangan syariah, konversi BPD ke Bank Syariah dipercepat


Rabu, 23 Juni 2021 / 21:32 WIB
Wapres: Perkuat ekosistem keuangan syariah, konversi BPD ke Bank Syariah dipercepat
ILUSTRASI. Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komitmen pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah dunia telah ditunjukkan melalui aksi-aksi nyata. Beberapa di antaranya adalah dengan membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah melalui Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2020 dan penggabungan tiga bank syariah di bawah naungan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dalam skala mikro, dengan melihat potensi yang besar di daerah, pemerintah juga mendorong pengonversian Bank Pembangunan Daerah (BPD) menjadi bank syariah.  Oleh karena itu, untuk semakin memperkuat ekosistem keuangan syariah di Indonesia, konversi BPD yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Bank Nagari, menjadi bank syariah harus dipercepat.

Baca Juga: Wapres dorong percepatan pembangunan kesejahteraan Papua

“Saya kira tepat sekali. Oleh karena itu, saya harapkan bisa segera terwujud konversi ini,” tutur Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat menerima audiensi Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, melalui konferensi video Rabu (23/6).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan bahwa di sisi lain, syariah awareness atau kesadaran untuk bertransaksi secara syariah  yang mulai tinggi di masyarakat Indonesia juga menjadi pendorong penguatan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah yang ada.

Untuk itu, ia memandang saat ini merupakan momentum yang baik untuk bertumbuhnya bank syariah di Indonesia.

“Menurut saya, sekarang ini momentumnya tepat. Sebab kalau menurut survei itu sekarang komunitas hijrah ini kan sudah besar sekali, bahkan di kalangan pemuda, milenial,” ungkap Wapres.

Terkait kekhawatiran akan keberlangsungan bank syariah yang masih ditemui di beberapa kalangan masyarakat, Wapres pun menjelaskan, bahwa di dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu wa ta'ala telah menjanjikan rezeki yang luas bagi umatnya yang berhijrah.

Baca Juga: Di tengah tantangan global, Wapres serukan penguatan pertahanan dan keamanan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×