kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wapres China akan hadiri pelantikan Jokowi Oktober nanti


Jumat, 20 September 2019 / 14:10 WIB
Wapres China akan hadiri pelantikan Jokowi Oktober nanti
ILUSTRASI. PRESIDEN MEMBUKA KONFERENSI HUKUM TATA NEGARA


Reporter: Abdul Basith | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Wakil Presiden China Wang Qishan akan menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo Oktober mendatang. Hal itu diungkapkan dalam pertemuan antara Jokowi dengan penasihat hubungan luar negeri China Y M Song Tao. 

Sebelumnya Song Tao juga menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi dari Presiden China Xi Jinping.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, delegasi China bahas infrastruktur

"Ada wakil presiden China yg akan menghadiri pelantikan bapak presiden Oktober nanti," ujar Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir usai mendampingi Jokowi, Jumat (20/9).

Hal itu diyakini akan menunjukkan hubungan baik kedua pemimpin negara. Termasuk akan meningkatkan hubungan strategis kedua negara tersebut.

Fachir bikang Jokowi merasa terhormat bila pelantikannya dihadiri oleh wapres China tersebut. Kedua negara juga menyampaikan komitmen untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama.

"Pertemuan juga ingin menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan Indonesia," terang Fachir.

Baca Juga: Ini dia sinyal kuat anak dan menantu Jokowi ikut Pilkada 2020

Dalam berbagai kesempatan Jokowi kerap membicarakan peningkatan hubungan internasional. Hal itu untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada di tengah situasi ekonomi yang terjadi saat ini.

Asal tahu saja, China na adalah mitra dagang nomor satu bagi Indonesia. Sementara Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-15 bagi China.

Total perdagangan Indonesia-China periode Januari hingga April 2019 tercatat sebesar US$ 22,43 miliar. Sementara tren ekspor Indonesia ke China 2014 hingga 2018 meningkat sebesar 13,8%.

Ekspor Indonesia ke China pada periode Januari-April 2019 tercatat sebesar US$ 7,91 miliar. Sedangkan, impor Indonesia dari China pada periode yang sama tercatat sebesar US$ 14,52 miliar.

Baca Juga: Pemerintahan Jokowi belum tindaklanjuti rekomendasi BPK senilai Rp 13 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×