kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.025,63   -7,01   -0.68%
  • EMAS932.000 -0,96%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Unduh fitur Usul-Sanggah di aplikasi Cek Bansos di ponsel, ini manfaatnya


Senin, 23 Agustus 2021 / 05:48 WIB
Unduh fitur Usul-Sanggah di aplikasi Cek Bansos di ponsel, ini manfaatnya
ILUSTRASI. Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan aplikasi "Cek Bansos" yang bisa diunduh di ponsel. ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Rusman


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan aplikasi "Cek Bansos" yang bisa diunduh di ponsel. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial (bansos). 

Covid19.go.id memberitakan, menurut Menteri Sosial Tri Rismaharini, langkah ini bertujuan untuk memberikan transparansi. Khusus kepada masyarakat yang merasa berhak mendapatkan bantuan namun tidak mendapatkannya, silakan akses fitur "usul". 

Sementara, bagi masyarakan yang ingin memberikan informasi bila mengetahui seseorang tidak layak namun mendapatkan bansos, bisa mengakses fitur "sanggah". 

"Pemutakhiran data yang merupakan tugas pemerinta, makin terbantu dengan partisipasi masyarakat. Ini juga merupakan upaya untuk terys mendorong ketepatan penyaluran bantuan sosial. Menurut UU No. 13/2011, warga tidak mampu berhak mengusulkan diri sendiri untuk mendapatkan bantuan," jelas Risma, seperti yang dikutip dari laman covid19.go.id. 

Baca Juga: Kemensos akan siapkan bantuan bagi anak yatim korban pandemi Covid-19

Adapun tiga fungsi utama aplikasi ini, adalah:

1. pengguna dapat melihat melihat kepesertaan bantuan sosial (BPNT, BST, dan PKH) yang ada di sekitar wilayah administrasinya
 
2. Fitur "usul-sanggah" bisa untuk mengusulkan atau menyanggah kelayakan penerima bansos

3. Upaya pelibatan masyarakat dan meningkatkan transparansi penyaluran bansos

Baca Juga: Begini cara daftar penerima bansos di aplikasi Cek Bansos Kemensos

Melansir Kompas.com, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kesejahteraan Sosial Kemensos Agus Zainal Arifin menambahkan, fitur ini dibuat untuk mendukung tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kemensos. 

Menurut dia, dalam mendukung perbaikan data, Kemensos memiliki program 3 tahap perbaikan. Pertama, berupa pembenahan dan integrasi data. Kedua, inklusivitas. 

“Dengan adanya fitur itu, memungkinkan masyarakat dapat mengakses bantuan. Masyarakat yang selama ini kesulitan mendapatkan haknya, kini mendapatkan kesempatan,” kata Agus Zainal. 

Selanjutnya, yakni aspek keterbukaan atau transparansi. Ia mengatakan, aplikasi Cek Bansos merupakan salah satu cara untuk mengawasi penyaluran bansos agar lebih tepat sasaran.

Selanjutnya: Pemerintah Pacu Proyek Lagi, Efeknya Dana Bansos dan Kesehatan Terpangkas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Berkomunikasi dengan Diplomatis dan Asertif

[X]
×