kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan Pemanfaatan KIA, Kemendagri Jalin Kerjasama dengan Gramedia


Jumat, 21 Oktober 2022 / 14:32 WIB
Tingkatkan Pemanfaatan KIA, Kemendagri Jalin Kerjasama dengan Gramedia
Seorang anak menunjukkan Kartu Identitas Anak (KIA) miliknya usai diterima secara simbolis di Kota Lhokseumawe, Aceh, Kamis (25/2/2021). Tingkatkan Pemanfaatan KIA, Kemendagri Jalin Kerjasama dengan Gramedia.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjalin kerjasama dengan PT Gramedia Asri Media untuk pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA), serta dukungan pelayanan administrasi kependudukan dan penggunaan media. Kerjasama ini dilakukan dalam rangka sosialisasi pelayanan administrasi kependudukan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pendataan warga negara, perlindungan, pemenuhan hak konstitusional anak sebagai warga negara, mendaftar sekolah, hingga kebutuhan data identitas untuk membuka tabungan, menabung, BPJS, serta keperluan lainnya.

PT. Gramedia Asri Media bersama dengan Kemendagri melihat perlu adanya peningkatan pemanfaatan dari KIA agar lebih bisa memenuhi fungsinya sebagai pemenuhan berbagai hak anak. Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan hak intelektual seperti akses perlengkapan belajar, buku-buku, serta kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Kemendagri Targetkan 75% Anak Indonesia Memiliki KIA pada 2024

"Kami, PT Gramedia Asri Media bersama dengan Kementrian Dalam Negeri, melihat adanya sebuah peluang peningkatan kebutuhan hak anak, seperti akses eksklusif dan mudah untuk anak-anak bisa memenuhi kebutuhan belajarnya, serta penawaran-penawaran lainnya yang sangat menarik untuk seluruh anak yang menggunakan KIA. Semoga kerja sama ini merupakan langkah awal Gramedia bersama dengan Kementerian Dalam Negeri bergandengan tangan untuk bisa melaksanakan kerja sama yang lainnya", ujar HR & IT Director Gramedia Yola Putriyani, Jumat (21/10). 

Selanjutnya, Zudan menyatakan bahwa kerja sama ini adalah sebuah terobosan yang sangat ditunggu oleh pemerintah.

Gramedia yang merupakan salah satu perusahaan penyedia perlengkapan kebutuhan sekolah dan buku terbesar di Indonesia, tentunya sangat berpengaruh dalam peningkatan kesejahteraan anak bangsa, dan membantu pemerintah dalam menggaungkan kampanye penggunaan KIA kepada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Bikin KTP-el & KIA di Alpukat Betawi, Setelah Jadi Kini Bisa Kirim Mudah Pakai GoSend

"Kerja sama dalam peningkatan pemanfaatan ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat. Tidak hanya meningkatkan pendataan warga negara dan menyuarakan kampanye penggunaan KIA secara lebih efektif, tetapi juga membantu meningkatkan kesejahteraan anak-anak bangsa dengan menyediakan akses yang mudah, serta penawaran-penawaran menarik buku-buku, serta perlengkapan lainnya dari Gramedia", ucap Zudan Arif.

"Kerja sama ini merupakan branding yang sangat bagus bagi Dukcapil dan Gramedia, mengaungkan manfaat-manfaat yang sangat menguntungkan jika anak-anak menggunakan Kartu Identitas Anak. Harapannya dengan kerja sama ini, akan menumbuhkan minat baca anak-anak untuk lebih senang dan lebih banyak membaca buku, serta meningkatkan kemampuan daya kritis mereka, agar dapat melangkah menuju masa depan mereka yang lebih cerah," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×