kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tim investigasi Polri periksa 20 saksi terkait mati listrik massal


Jumat, 09 Agustus 2019 / 22:27 WIB

Tim investigasi Polri periksa 20 saksi terkait mati listrik massal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim investigasi dari Polri, yang mendalami perkara pemadaman listrik alias blackout di sebagian Pulau Jawa, sudah memeriksa sekitar 20 orang saksi. 

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, saksi terdiri dari warga sekitar dan karyawan yang bertugas di pembangkit listrik. 

"Kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap kurang lebih 20 saksi," ujar Asep di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (9/8). 

Baca Juga: Pengamat: Revisi aturan kompensasi pemadaman listrik harus berkeadilan

Tim akan melakukan penelitian terhadap 225 pembangkit di sepanjang jalur tower transmisi di Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah, hingga Jakarta. Tower itu dianggap polisi sebagai TKP peristiwa blackout tersebut. 

Tim investigasi yang dibentuk Polri akan bekerja selama dua pekan. Pada tahap pertama, penyebab awal terkait pemadaman listrik tersebut akan diumumkan di pekan pertama. 

Setelah itu, hasil investigasi secara komprehensif akan disampaikan di pekan kedua masa kerja tim tersebut. 

Baca Juga: Mengenal pasukan elit PLN, begini cara kerja mereka di atas tower SUTET...

Tim tersebut melibatkan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Laboratorium Forensik (Labfor), Inafis, dan sejumlah saksi ahli dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, ESDM, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan seorang pakar kelistrikan bernama Rizal. 

Asep mengatakan, tim dari Polri akan terus berkoordinasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang juga melakukan asesmen internal. 

"Kita juga bekerja sama dengan PLN. Karena PLN sendiri melakukan asesmen internal, dia melakukan bagaimana asesmen tersebut, mulai dari faktor human, kemudian materiilnya, metodenya, dan juga bagaimana penyelenggaran kegiatan itu yang mempunyai budget dalam pelaksanaan proses listrik tersebut," ungkapnya. (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tim Investigasi Polri Periksa 20 Saksi Terkait Mati Listrik Massal"


Sumber : Kompas.com
Editor: Tendi

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.1509

Close [X]
×