kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terpukul Covid-19, Asosiasi Media dorong pemerintah beri stimulus industri media


Kamis, 14 Mei 2020 / 19:13 WIB
Terpukul Covid-19, Asosiasi Media dorong pemerintah beri stimulus industri media
ILUSTRASI. Terkunci Pandemi.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Perusahaan Media dan Asosiasi Profesi Media mendorong pemerintah untuk menaikkan stimulus, di luar stimulus ekonomi sebesar Rp 405 triliun yang sudah pemerintah putuskan. 

Sebab, pandemi Covid-19 melahirkan krisis ekonomi yang serius. Berbagai sektor industri di Tanah Air menghadapi masa-masa yang suram. Tanpa terkecuali, krisis ini juga memukul industri media nasional. 

Bayang-bayang pemutusan hubungan kerja untuk karyawan perusahaan media menjadi semakin nyata, ketika industri media nasional berhadapan dengan perfoma bisnis yang menurun secara drastis, yang juga terjadi di sektor lain secara bersamaan. 

"Dalam konteks inilah, kami menganggap penting dan mendesak dilakukannya tindakan konkret oleh negara untuk membantu industri media, para wartawan, dan seluruh pekerja media yang terdampak oleh krisis akibat pandemi Covid-19," kata Asosiasi Perusahaan Media dan Asosiasi Profesi Media dalam pernyataan bersama, Kamis (14/3), yang diterima Kontan.co.id.  

Baca Juga: Berikut inilah desain pemulihan ekonomi nasional 2020 yang disiapkan pemerintah

Menurut Asosiasi Perusahaan Media dan Asosiasi Profesi Media, keberhasilan menanggulangi pandemi Covid-19 juga ditentukan oleh keberhasilan dalam menangani komunikasi. 

Dalam konteks ini, media massa telah bersikap profesional menjalankan fungsinya. Masyarakat membutuhkan informasi terkini soal pandemi Covid-19 berikut analisis terpercaya, yang bisa mereka dijadikan sebagai pijakan untuk menilai situasi dan memutuskan tindakan antisipatif. 

Tanpa bermaksud mengabaikan kelemahan yang ada, ruang pemberitaan media massa lah yang menyajikan informasi dan analisis tersebut. 

Pers juga berperan menjembatani proses komunikasi dan arus informasi, sehingga masyarakat terhindar dari simpang-siur tentang skala penyebaran virus maupun wacana yang asimetris tentang tingkat kegentingan situasi. 

Baca Juga: Inilah dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional Rp 318 triliun yang siap diguyurkan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×