kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,48   2,44   0.24%
  • EMAS943.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Temui tokoh Kaltim di restoran tengah ruko, Jokowi bahas pemindahan ibu kota


Selasa, 17 Desember 2019 / 12:24 WIB
Temui tokoh Kaltim di restoran tengah ruko, Jokowi bahas pemindahan ibu kota
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (17/12).


Reporter: Abdul Basith | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BALIKPAPAN. Presiden Joko Widodo bertemu dengan tokoh masyarakat di Kalimantan Timur (Kaltim). Pertemuan tersebut dilakukan usai santap siang si rumah makan dalam kawasan pertokoan. Pada pertemuan itu Jokowi membahas mengenai rencana pemindahan ibu kota.

Jokowi menjelaskan pemindahan ibu kota sebagai sebuah transformasi. Ibu kota direncanakan memiliki konsep modern dan forest city. "Dengan kepindahan ini saya sudah sampaikan kepada menteri agar kita install," ujar Jokowi saat pertemuan, Selasa (17/12).

Baca Juga: Kunjungi Kaltim, Jokowi akan meresmikan tol Balsam dan meninjau lokasi ibu kota

Ibu kota baru pun akan dibuat pusat inovasi yang nantinya menjadi hub bagi inovasi global. Sehingga nantinya ibu kota baru akan membawa transformasi percepatan ekonomi.

Asal tahu saja Jokowi sebelumnya memutuskan ibu kota negara pindah ke luar pulau Jawa. Hal itu dipilih dari sejumlah opsi seperti tetap di Jakarta dengan membentuk distrik tersendiri serta pemindahan dengan jarak yang tidak jauh dari Jakarta.

Baca Juga: Jokowi bakal blusukan di lokasi ibu kota baru hari ini

Dari lokasi di luar Pulau Jawa, Jokowi mengerucutkan pilihan terhadap empat provinsi yaitu Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kaltim, dan Sulawesi Barat (Sulbar). Empat lokasi itu dipilih selain karena bebas dari wilayah bencana, juga dianggap berada di tengah wilayah Indonesia sehingga lebih representatif.

Pada bulan Juli, lokasi ibu kota baru kembali mengerucut. Jokowi memastikan bahwa lokasi ibu kota baru berada di Kalimantan, tetapi masih belum ada wilayah spesifik.

Pada 26 Agustus 2019 Jokowi menunjuk Kaltim sebagai lokasi ibu kota baru tepatnya di Penajam Paser Utara. Direncanakan pembangunan ibu kota baru akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×