kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Tanggapan KSAL Yudo Margono Dicalonkan Presiden Joko Widodo Sebagai Panglima TNI


Jumat, 25 November 2022 / 01:07 WIB
Tanggapan KSAL Yudo Margono Dicalonkan Presiden Joko Widodo Sebagai Panglima TNI
ILUSTRASI. Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dikabarkan telah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon panglima TNI menggantikan Andika Perkasa. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.


Reporter: kompas.com | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono berbicara mengenai penunjukan dirinya sebagai Panglima TNI. 

Yudo menyebut dirinya baru saja ditunjuk sebagai calon Panglima. "Kami tunggu saja, masih diajukan kemarin, katanya diajukan kata Mensesneg, kami tunggu saja tahap berikutnya," kata Yudo kepada awak media di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Kamis (24/11/2022). 

Mengenai penunjukan itu, Yudo menyatakan tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi tahap selanjutnya. 

Dia tengah bersiap untuk menghadapi fit and proper test yang akan dilaksanakan di DPR RI mendatang. 

Baca Juga: Kata Pimpinan DPR Terkait Surpres Pergantian Panglima TNI yang Masih Ditunggu
 
Fit and proper test di Komisi I kita akan siapkan juga," tutur dia. Yudo menjelaskan, tidak ingin terlalu berandai-andai terkait penunjukan dirinya. Apalagi sampai memikirkan program apa yang akan dibuat setelah menjadi Panglima. 

"Saya gak mau berandai-andai, tentunya program-program setelah fit and proper test. Setelah itu kita sampaikan ke teman-teman media," beber dia. 

Sebelumnya diberitakan, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono disebut menjadi salah satu nama terkuat menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Prakasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022. 
 
Bahkan, Presiden Joko Widodo disebut telah memutuskan untuk menunjuk orang nomor satu di matra yang memiliki semboyan "Jalesveva Jayamahe" itu untuk menjadi panglima TNI berikutnya. 

Baca Juga: Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika, Mensesneg Beri 'Clue'

Keputusan tersebut pun telah dituangkan lewat Surat Presiden (surpres) terkait pencalonan Panglima TNI yang akan dikirim ke DPR pada Senin (28/11/2022). 

Mengutip dari Kompas.id, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membenarkan bahwa Presiden mencalonkan Yudo yang notabene dari matra laut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diajukan Jadi Panglima TNI, KSAL Yudo Persiapkan Diri untuk "Fit and Proper Test"", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2022/11/24/175026478/diajukan-jadi-panglima-tni-ksal-yudo-persiapkan-diri-untuk-fit-and-proper

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×