kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tak sesuai target, Kemdag proyeksikan ekspor non migas hanya tumbuh 7,5% di 2018


Senin, 07 Januari 2019 / 15:31 WIB
Tak sesuai target, Kemdag proyeksikan ekspor non migas hanya tumbuh 7,5% di 2018

Reporter: Umi Kulsum | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemdag) pesimistis target pertumbuhan ekspor non migas di sepanjang tahun 2018 lalu sebesar 11% bakal tercapai.  Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, sampai Desember 2018 diperkirakan pertumbuhan ekspor non migas hanya mencapai 7,5%.

Adapun sampai November 2018 lalu, ekspor sektor ini baru tercatat menyentuh angka 7,47%. "Saya mau realistis saja. Untuk mencapai 11% sesuai target Kemdag sulit bisa tercapai," kata Enggar saat ditemui di Kantornya, Senin (7/1).

Meski tak menyentuh sesuai target, Kemdag menyebut, pertumbuhan ekspor non migas ini masih berada di atas rencana kerja pemerintah (RKP). Sebab, untuk mendapatkan angka pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,2% atau 5,3% , ada sejumlah persyaratan lain yang harus dipenuhi semisal ekspor non migas.

"Persyaratan berapa nilai tukar dan berapa ekspornya. Angka pertumbuhan 7,5% tersebut di atas dari parameter itu," kata Enggar

Enggar bilang, pertumbuhan ekspor non migas masih jauh dari target semula disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya, kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian membuat kinerja ekspor non migas sulit untuk dipacu. Seperti perang dagang yang terjadi belakangan ini.




TERBARU

Close [X]
×