kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak perlu cetak sertifikat vaksin Covid-19, ini penjelasan Satgas


Jumat, 27 Agustus 2021 / 07:36 WIB
Tak perlu cetak sertifikat vaksin Covid-19, ini penjelasan Satgas
ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito meminta masyarakat agar tidak mencetak sertifikat vaksinasi Covid-19.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat diminta untuk tidak mencetak sertifikat vaksinasi Covid-19. Menurut Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, hal ini demi melindungi data pribadi yang dimuat dalam sertifikat vaksin. 

"Masyarakat tidak perlu lagi mencetak sertifikat vaksin sekaligus juga dapat melindungi data pribadi dari potensi kebocoran penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (26/8/2021). 

Wiku menyampaikan, di dalam sertifikat vaksin terdapat QR code yang berisi data pribadi. 

Oleh karena itu, alih-alih mencetak, ia menyarankan masyarakat mengunduh sertifikat vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi. Langkah ini penting untuk menghindari terjadinya kebocoran data. 

Baca Juga: Awas, penyintas Covid-19 bisa kembali tertular virus corona, ini penyebabnya

"Maka, masyarakat diminta untuk dapat men-download aplikasi Peduli Lindungi," ujar Wiku. 

Wiku pun mengajak semua pihak segera mengikuti vaksinasi Covid-19. Vaksinasi bertujuan membentuk kekebalan tubuh sehingga mencegah terjadinya penularan virus corona. 

Wiku menyebutkan bahwa stok vaksin di Indonesia terus bertambah jumlah dan jenisnya. Setidaknya, ada empat vaksin yang telah dimiliki Indonesia yakni Sinovac, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer. 

Baca Juga: Jangan berburu vaksin Covid-19 dengan merek tertentu, mengapa?

Semua vaksin itu, kata Wiku, sudah melalui serangkaian proses uji klinis sehingga terjamin efektivitas dan keamanannya. 

"Yang terpenting yaitu vaksinasi akan menjadi sempurna jika dilakukan bersamaan dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata dia. 

Masih terkait dengan vaksinasi, sebelumnya Wiku menegaskan bahwa vaksin Covid-19 gratis untuk seluruh warga. Ia meminta masyarakat melapor jika menemukan adanya praktik vaksinasi berbayar. 
"Pemerintah memastikan bahwa vaksin covid-19 gratis dan tidak dipungut biaya," kata Wiku dalam konferensi pers daring, Selasa (24/8/2021). 

"Jika masyarakat menemukan adanya vaksin berbayar maka temuan ini dapat disampaikan ke nomor pengaduan 0211500567 atau email pengaduan.itjen@kemkes.go.id," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas: Tak Perlu Cetak Sertifikat Vaksin, Lindungi Data Pribadi"
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Icha Rastika

Selanjutnya: Kapan bisa vaksin dosis kedua dan bagaimana jika terlambat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×