kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Hanya IKN, Prabowo-Gibran Ingin Bangun 10 Kota Inovasi


Selasa, 19 Desember 2023 / 22:52 WIB
Tak Hanya IKN, Prabowo-Gibran Ingin Bangun 10 Kota Inovasi
ILUSTRASI. Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah) berdialog dengan pelaku ekonomi kreatif di Warung Kopi Aming, Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (17/12/2023) malam. Selain menerima berbagai pendapat tentang pengembangan ekonomi kreatif daerah setempat, Gibran juga berbicara tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/aww.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming menjanjikan akan membangun 10 Kota Inovasi. Langkah ini untuk melengkapi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai hub ekosistem digital.

"Digital harus berkaki ke analog, kaki analog 10 kota inovasi yang mau dibangun pak Prabowo. Karena tantangan kita secara sosial, ekonomi, budaya luar biasa," kata Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko dalam Indonesia Digital Summit 2023 beberapa waktu lalu.

Selain IKN sebagai hub ekosistem digital, wilayah Indonesia akan digolongkan menjadi basis produksi, dinamis, stabilisator, dan akselerator.

Baca Juga: Jelang Debat Cawapres, Anies - Muhaimin (AMIN) Siapkan Kejutan

Di 98 kota akan berfungsi sebagai katalis untuk memacu pertumbuhan ekosistem digital Indonesia, sehingga memungkinkannya menjadi terintegrasi secara global.

Di 46 kabupaten kemudian mengambil peran sebagai stabilisator dan fasilitator dalam penciptaan ekosistem digital, menjamin keberlanjutan ekosistem.

Sementara itu, sebanyak 74.961 permukiman telah berkembang menjadi pusat kegiatan dan manufaktur.

Hal ini menjadi pasar awal sekaligus landasan sumber daya manusia bagi berbagai kemajuan teknologi digital yang dikembangkan generasi muda tanah air.

Berikut rincian 10 kota inovasi yang diciptakan pasangan Prabowo-Gibran:

Baca Juga: Tim Pemenangan Nasional (TPN) Pede Cak Imin Akan Kuasai Debat Cawapres

• IKN untuk industri neurosains dan genomik

• Untuk bisnis chip dan nanoteknologi serta industri Internet of Things dan sensor, ada dua kota di Sumatera.

• Tiga kota di Jawa: satu untuk industri perangkat seluler & VR/AR, satu untuk bisnis robotika & kendaraan otonom, dan satu lagi untuk sektor AI & teknologi komputer.

• Bali sebagai hub media sosial dan antarmuka manusia-komputer

• Sulawesi untuk sektor pertanian dan bioteknologi

• Maluku untuk industri yang menyimpan energi

• Papua untuk industri konektivitas dan satelit

Baca Juga: Drajad Wibowo: Gibran Bakal Kasih Kejutan di Debat Cawapres Perdana

Lanjutkan Pembangunan IKN

Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) digelar pada Kamis, 7 Desember oleh Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Maju wilayah Kalimantan Barat yang mengikutsertakan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan calon wakil presiden.

Pentingnya memajukan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur, ditegaskan Ketua TKD Prabowo-Gibran, Maman Abdurrahman, dalam rapat koordinasi yang dihadiri Wakil Ketua TKD Nasional Prabowo-Gibran. Tim Kampanye (TKN), Sugiono, dan Ketua Partai Politik Koalisi Indonesia Maju.

Maman menegaskan, di antara tiga calon capres dan cawapres, hanya tim Prabowo-Gibran yang kini paling berkomitmen menggenjot pertumbuhan IKN.

Baca Juga: Debat Cawapres Perdana Digelar di JCC dengan 6 Segmen

Maman meyakinkan bahwa beban Jakarta yang berat mengharuskan pemindahan ibu kota negara. Maman mengemukakan sejumlah permasalahan, salah satunya adalah polusi udara ekstrim dan kemacetan lalu lintas di Jakarta, yang belum dapat diatasi oleh pemerintah kota.

Menurut Sugiono, Prabowo-Gibran berdedikasi untuk mewujudkan Indonesia maju. Diantaranya adalah janji penyelesaian proyek infrastruktur yang digagas Presiden Joko Widodo. Antara lain memastikan pembangunan IKN Kaltim berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×