kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Syukurlah, vaksin Covid-19 masih efektif lawan mutasi virus corona Inggris


Kamis, 04 Maret 2021 / 12:53 WIB
Syukurlah, vaksin Covid-19 masih efektif lawan mutasi virus corona Inggris


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Varian virus corona Inggris sudah masuk Indonesia. Namun, masyarakat diminta tidak perlu panik. Hingga saat ini, vaksin Covid-19 masih efektif melawan mutasi virus corona asal Inggris atau B.1.1.7. 

"Sampai saat ini vaksin Covid-19 yang dikembangkan dianggap masih efektif menghadapi varian baru yang muncul, belum ada arahan menyesuaikan atau mengganti vaksin yang sedang dikembangkan," kata Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, Amin Soebandrio saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/3/2021). 

Amin juga mengatakan, belum ada laporan terkait mutasi virus corona B.1.1.7 ini berpengaruh pada penurunan efikasi vaksin Covid-19 asal Sinovac. 

Kendati demikian, jenis vaksin Covid-19 lain yang pernah diamati di beberapa negara menunjukkan ada penurunan efikasi terhadap varian virus corona baru. 

"Jadi kekebalan dibangkitkan masih efektif untuk varian virus yang baru ini," ujarnya. 

Baca Juga: Ini aturan perjalanan penumpang pesawat terbaru untuk cegah virus corona hasil mutasi

Lebih lanjut, Amin menganjurkan, dalam situasi seperti sekarang ini, vaksinasi Covid-19 harus segera diselesaikan. Dengan demikian, vaksinasi diharapkan dapat mencapai target kekebalan kelompok atau herd immunity sebagai salah satu cara mengatas pandemi Covid-19. 

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, dua kasus mutasi virus corona asal Inggris atau B.1.1.7 berasal dari WNI yang kembali dari Arab Saudi. 

Baca Juga: Harus waspada dengan varian baru corona Inggris, ini penjelasan epidemiolog

"Ini dari pelaku perjalanan yang kembali dari Arab Saudi ya," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/3/2021). 

Nadia mengatakan, mutasi virus corona B.1.1.7 berbeda dari virus corona yang muncul pertama kali di Wuhan, China. Ia mengatakan, mutasi virus corona tersebut lebih cepat menular, tetapi tidak mematikan. 

"WHO belum mendapatkan laporan bukti bahwa virus mutasi Covid-19 ini lebih tinggi tingkat keganasannya," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lembaga Eijkman: Vaksin Covid-19 Masih Efektif Lawan Mutasi Virus Corona B.1.1.7"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Bayu Galih

Selanjutnya: Tak perlu panik tapi waspada, varian baru virus corona Inggris 40%-70% lebih menular

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×