kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Susun roadmap SDG's 14 bidang kelautan, Bappenas minta masukan kementerian dan pemda


Senin, 03 Desember 2018 / 09:33 WIB
Susun roadmap SDG's 14 bidang kelautan, Bappenas minta masukan kementerian dan pemda
ILUSTRASI.


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - KUTA. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menggelar pertemuan untuk membahas Sustainable Development Goals (SDGs) 14 di bidang pembangunan kelautan Indonesia berkelanjutan. Kegiatan ini berlangsung pada 2 Desember-3 Desember 2018.

Pertemuan ini melibatkan sejumlah pihak diantaranya kementerian lembaga (K/L), pemerintah daerah (Pemda), akademisi, asosiasi, pakar atau praktisi, masyarakat sipil dan mitra pembangunan.

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas Arifin Rudiyanto mengatakan, tujuan pertemuan ini dalam rangka penyusunan roadmap terkait SDG's goal 14 untuk mendukung penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Ada tiga hal yang akan dibahas, pertama roadmap perikanan yang bertanggungjawab (responsible fisheries) guna menyelaraskan keseimbangan konservasi perairan melalui marine protected area (MPA) dan kegiatan produksi perikanan melalui wilayah pengelolaan perikanan (WPP).

Kedua, roadmap riset samudera dengan memetakan pembagian tugas dan tanggungjawab para pemangku kepentingan yang berbasis hasil penelitian serta pengembangan science dan teknologi di sektor kelautan dan perikanan. Ketiga, skema pendanaan untuk mendukung pelaksanaan pencapaian target SDG's goal 14.

"Dengan pertemuan ini diharapkan berbagai stakeholder memberikan pendapat dan masukan untuk menyusun roadmap sebagai langkah awal suatu rencana pembangunan yang memiliki dasar ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan," kata dia, Senin (3/12).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×