kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei SMRC: Publik yang Menilai Kinerja Jokowi Baik Cenderung ke Ganjar Pranowo


Senin, 27 Maret 2023 / 21:56 WIB
Survei SMRC: Publik yang Menilai Kinerja Jokowi Baik Cenderung ke Ganjar Pranowo
ILUSTRASI. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan sambutan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja pemerintah memiliki hubungan dengan elektabilitas bakal calon presiden (Bacapres) 2024.

Demikian hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, bertajuk “Kinerja Presiden dan Pilihan Capres 2024” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Senin (27/3).

Deni menunjukkan bahwa pemilih yang memiliki penilaian positif pada kinerja pemerintah dalam bidang ekonomi-politik sebesar 79,6 persen. Sebaliknya, yang memiliki penilaian buruk sebesar 20,4 persen.

Dari 79,6 persen yang memiliki pandangan baik pada kinerja pemerintah tersebut, 40 persen di antaranya memilih Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Survei SMRC: Hanya 20,5% Publik Menilai Anies akan Lanjutkan Program Pemerintah

Sementara yang memilih Prabowo Subianto hanya 25 persen dan Anies Baswedan 23 persen. Masih ada 12 persen yang belum menjawab.

Sementara yang menilai negatif cenderung memilih Prabowo (35 persen) dan Anies (32 persen). Dari kelompok masyarakat ini, Ganjar hanya mendapatkan dukungan 19 persen. Masih ada 14 persen yang belum menjawab.

Menurut Deni, data ini menunjukkan bahwa pilihan kepada calon presiden berhubungan dengan bagaimana warga menilai kinerja pemerintah dalam sektor ekonomi-politik.

“Pemilih yang positif dalam menilai kinerja pemerintah Jokowi cenderung memilih Ganjar. Sebaliknya, yang menilai negatif kinerja pemerintah cenderung mendukung Prabowo dan Anies,” ujarnya.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 2-11 Maret 2023. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Baca Juga: Anies Baswedan dan AHY Kembali Pamer Kedekatan Dibuka Puasa Nasdem

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.  Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1061 atau 87%.

Sebanyak 1061 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×