kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei LSI: Kaesang Pangarep Jadi Calon Gubernur Unggulan di Jawa Tengah


Minggu, 30 Juni 2024 / 21:08 WIB
Survei LSI: Kaesang Pangarep Jadi Calon Gubernur Unggulan di Jawa Tengah
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyapa warga saat kampanye terbuka di Kediri, Jawa Timur, Selasa (23/1/2024). Kaesang mengajak masyarakat mensukseskan Pemilu 2024 dengan mengunakan hak suara untuk memilih pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/Spt.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Lembaga Survei Indonesia (LSI) membeberkan survei teranyar, di mana putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi kandidat calon gubernur (Cagub) unggulan di Jawa Tengah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Hasil survei simulasi semi terbuka LSI terhadap 21 nama calon kandidat gubernur Jateng mencatat, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu meraih 15,9% dukungan responden.

Posisi kedua ada nama Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi dengan skor 12,9%, ketiga ada Kader Partai Gerindra Abdul Wachid sebesar 7,8%. Keempat ada artis Raffi Ahmad sebesar 6,8%, kelima politisi PDIP Bambang Wuryanto (Pacul) 5,8%, keenam Sudaryono 4,7%, ketujuh Hendra Prihadi 4,7%.

Baca Juga: Jika Ridwan Kamil Tak Maju di Pilkada DKI, PAN Pertimbangkan Kaesang

“Ini menunjukkan pertarungan masih tampak terbuka, belum ada yang bisa disimpulkan unggul apalagi disebut dominan,” ujar Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam paparannya secara daring, Minggu (30/6).

Meski demikian, ini belum bisa menjadi acuan kemenangan pasalnya masih terdapat 19,5% responden yang belum menentukan pilihan. Djayadi menerangkan, alasan warga Jateng mengapa mendukung nama cagub tersebut, jawabannya karena mereka belum tahu nama kandidat lainnya.

“Jadi ada 16,1% yang menyatakan memilih kandidat di semi terbuka itu karena belum punya calon lain,” terangnya.

Djayadi mengungkapkan, karena alasan tersebut pilihan warga Jateng pun dinilai masih berpeluang berubah. Namun, lanjut Djayadi, nama-nama seperti Ahmad Luthfi dipilih warga alasannya karena memiliki elektebilitas yang tinggi yakni tegas dan berwibawa.

Baca Juga: Pilkada DKI, PKS Ditawari Posisi Cawagub Oleh Koalisi Prabowo

“Kalau alasan utama memilih Kaesang itu berasal dari keluarga tokoh politik atau tokoh masyarakat, seperti dugaan kita, banyak juga yang memilih Kaesang karena belum tahu nama lain,” ungkap dia.

Untuk diketahui, survei LSI tersebut dilakukan pada 21 – 26 Juni 2024 yang melibatkan 1.200 responden alias warga Jateng. Adapun survei dilakukan dengan wawancara langsung dan menggunakan teknik double sampling dengan margin of error kurang dari 2,8%.

Selanjutnya: Tukar Poin Ditutup, Ini Cara Lain Menang Umrah Gratis Di Program Umrah Untuk Sahabat

Menarik Dibaca: Ini Lo Penyebab Banyak Laba-laba di Rumah Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×