kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suku Bunga BI Naik, Kredit Konsumsi Berpotensi Turun


Minggu, 25 September 2022 / 19:26 WIB
Suku Bunga BI Naik, Kredit Konsumsi Berpotensi Turun
ILUSTRASI. Layar menampilkan logo Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Kamis (17/6/2021).


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) kembali menaikkan suku bunga acuan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI September 2022. Kali ini, suku bunga acuan dikerek sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,25%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keputusan BI untuk meningkatkan suku bunga acuan ini merupakan langkah front-loaded, pre-emptive, dan forward looking dalam menjaga ekspektasi inflasi ke depan dan tingkat inflasi inti.

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad mengatakan bahwa kenaikan suku bunga acuan BI akan berdampak kepada perlambatan kinerja sektor rill. Sehingga dirinya mengingatkan agar BI segera mempersiapkan langkah mitigasi.

Baca Juga: Sudah Ada Kepastian Suku Bunga Acuan, IHSG Diprediksi Menguat Senin (26/9)

"Kita perlu hati-hati dampak dari kenaikan suku bunga ini bisa memperlambat kinerja sektor riil," ujar Kamrussamad dalam keterangan resminya yang dikutip, Minggu (25/9).

Ia menyebutkan, kondisi moneter Indonesia saat ini memang menghadapi dua tekanan sekaligus, yaitu tekanan eksternal dari kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS) dan tekanan internal dari eskalasi inflasi.

"Inflasi inti kita sudah mencapai 3,04% secara tahunan. Inflasi inti merupakan indikator penting permintaan dan penawaran masyarakat yang sesungguhnya. Daya beli kian melemah," katanya.

Menurutnya, dengan adanya kenaikan suku bunga BI tersebut, minat pelaku usaha meminjam dari perbankan akan menurun, begitu pula dengan kredit konsumsi. Hal ini dikarenakan bunga akan menjadi lebih mahal di tengah permintaan konsumen yang juga melemah.

Selain itu, kenaikan suku bunga BI juga akan menyebabkan likuiditas berkurang. Menurutnya, kombinasi berkurangnya likuiditas dan daya beli yang menurun akan membawa risiko lanjutan pada perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Suku Bunga BI Naik, Dunia Usaha Kembali Tertekan

"Kondisi ini akan membuat sektor riil, dunia usaha, perlu melakukan penyesuaian sehingga tetap bisa survive sampai terjadi keseimbangan baru. Karena itu, BI perlu juga menyiapkan langkah-langkah mitigasi dari dampak kenaikan suku bunga ini. Sektor riil harus tetap memiliki ruang tumbuh yang luas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×