kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,33   -26,40   -2.85%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani ungkap strategi umum pembiayaan APBN 2020 di tengah wabah corona


Senin, 04 Mei 2020 / 11:36 WIB
Sri Mulyani ungkap strategi umum pembiayaan APBN 2020 di tengah wabah corona
ILUSTRASI. Keterangan pers?Menkeu Sri Mulyani melalui fasilitas live streaming di Jakarta.


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, ada lima strategi umum pembiayaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2020.

Terutama, dalam rangka mempercepat penanganan virus Corona dan menjaga perekonomian dari ancaman krisis.

"Dengan pelebaran defisit yang semakin meningkat, maka pembiayaan APBN menjadi salah satu tantangan kami yang cukup besar. Untuk itu, kami melakukan langkah-langkah untuk melakukan mobilisasi pembiayaan. Semuanya dengan perhitungan untuk menjaga keamanan komposisi maupun sustainibilitas ke depan," ujar Sri di dalam agenda dapat virtual, Kamis (30/4).

Baca Juga: Mendag Agus Suparmanto minta pasar rakyat tetap beroperasi meski PSBB

Pembiayaan APBN di tahun ini akan menggunakan lima opsi, yaitu optimalisasi sumber pembiayaan utang dan non-utang, fleksibilitas pinjaman tunai, fleksibilitas penambahan surat berharga negara (SBN), mengutamakan penerbitan SBN melalui mekanisme pasar, serta dukungan dari Bank Indonesia (BI).

Pertama, sumber pembiayaan non-utang di tahun ini akan berasa dari dana yang sudah ada. Seperti pemanfaatan sisa anggaran lebih (SAL) senilai Rp 70,46 triliun, pos dana abadi yang belum digunakan, serta dana yang bersumber dari badan layanan umum (BLU).

"Dana-dana yang berasal dari BLU akan kami sisir dengan sangat detil, agar dana yang selama ini ada dalam bentuk cash bisa kami gunakan sebagai sumber pembiayaan defisit," papar Sri.

Baca Juga: Begini proyeksi PDB di kuartal I dan II dari ekonom CORE

Kedua, fleksibilitas pinjaman tunai melalui multilateral dan bilateral. Pemerintah akan melakukan upsize pinjaman dari development partners, baik bilateral dan multilateral sebesar US$ 6-8 miliar, antara lain dari Bank Dunia (World Bank), ADB, AFD, KfW, JICA, EDCF, AIIB, dan IsDB.

Namun demikian, menurut Sri pembiayaan yang dilakukan oleh lembaga tersebut tidak akan terpengaruh oleh sentimen pasar. Jadi, semua tujuannya memang untuk membantu pengeluaran darurat dari negara-negara yang terdampak Corona seperti Indonesia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×