kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani optimistis investasi tumbuh tinggi disokong kebijakan terpadu


Selasa, 30 Juli 2019 / 17:58 WIB
Sri Mulyani optimistis investasi tumbuh tinggi disokong kebijakan terpadu


Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Realisasi investasi di Indonesia mengalami perbaikan di kuartal kedua 2019. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) hari ini, Selasa (30/7), melaporkan, realisasi investasi tumbuh 13,7% year-on-year (yoy) menjadi Rp 200,5 triliun. 

Realisasi investasi tersebut terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp 95,6 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) Rp 104,9 triliun.

Baca Juga: Pengembangan wisata di Danau Toba akan fokus pada tiga hal ini

Secara keseluruhan Januari-Juni 2019, total realisasi investasi di Indonesia mencapai Rp 395,6 triliun atau naik 9,4% yoy, dibandingkan Januari-Juni 2018 yang sebesar Rp 361,6 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah optimistis kinerja realisasi investasi akan terus membaik.“Terutama karena selesainya pemilu dan arah kebijakan Presiden Jokowi (Joko Widodo) yang ingin memacu investasi, ekspor, dan mendukung bidang pariwisata,” ujar Menkeu, Selasa (30/7). 

Di samping itu, Sri Mulyani memandang, berbagai bauran kebijakan yang dikeluarkan pemerintah untuk mendukung investasi akan menunjukkan dampak.

Dari sisi fiskal, beberapa kebijakan tersebut di antaranya Tax Holiday, Tax Allowance, penurunan tarif pajak penghasilan bagi sektor UMKM, hingga kemudahan dan percepatan restitusi pajak yang diharapkan mendorong gairah dunia usaha untuk meningkatkan kegiatan ekonomi dan berekspansi. 

“Kita juga baru saja menurunkan kebijakan insentif untuk bidang riset dan vokasi dengan harapan bisa memacu dunia usaha untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya dan usahanya,” lanjut Sri Mulyani. 

Baca Juga: Ekonom Core proyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini lebih rendah

Di samping itu, kebijakan-kebijakan pemerintah juga didukung oleh sinyal Bank Indonesia selaku bank sentral untuk menurunkan tingkat suku bunga acuan seiring dengan tren secara global yang juga demikian.




TERBARU

[X]
×