kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengembangan wisata di Danau Toba akan fokus pada tiga hal ini


Selasa, 30 Juli 2019 / 17:44 WIB
Pengembangan wisata di Danau Toba akan fokus pada tiga hal ini


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tengah berencana melakukan pengembangan kawasan wisata Danau Toba, Sumatra Utara. Kawasan wisata tersebut menjadi salah satu dari empat destinasi 'Super Prioritas' yang dicanangkan Pemerintah.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan pengembangan kawasan Danau Toba akan didasarkan pada tiga faktor utama. Ketiga faktor tersebut yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas (3A). 

Baca Juga: Pemerintah kucurkan Rp 2,2 triliun untuk pengembangan kawasan Danau Toba

Dari sisi atraksi, pengembangan dilakukan dengan mengacu pada standar kualifikasi sertifikasi UNESCO Global Geopark (UGG).

“Saat ini sedang diproses aplikasi UGG, ditargetkan tahun ini akan tersertifikasi. Kemudian akan dibangun 16 Geosite yang tersebar di seluruh kabupaten di sekitar Danau Toba,” kata Arief dalam keterangan pers, Selasa (30/7). 

Sedangkan untuk aksesibilitas, Menpar mengatakan Bandara Silangit di Siborong-borong harus terus ditingkatkan. Yang dahulu hanya berkapasitas 100.000 kunjungan per tahun, sekarang diminta agar kapasitas ditingkatkan menjadi 500.000 per tahun.

“Target kunjungan wisman (wisatawan mancanegara) Danau Toba dan Provinsi Sumatra Utara, ditetapkan sebesar 1 juta wisman. Pada tahun 2018 jumlah pengunjung Silangit sendiri sudah mencapai 420.000 dan diproyeksikan segera tembus ke 500.000 di tahun 2019,” ungkapnya. 

Baca Juga: Kementerian PUPR tingkatkan konektivitas di Pulau Samosir

Selain aksesibilitas udara, Arief juga menyatakan jika aksesibilitas di perairan juga harus terus dikembangkan. Pihak Kementerian Perhubungan sudah membangun empat dermaga dengan didukung dua kapal penyeberangan yaitu KMP Ihan Batak yang sudah beroperasi dan satu kapal lagi akan menyusul beroperasi di tahun ini.

“Untuk pengembangan tol sendiri yang saat ini sudah sampai Tebing Tinggi, rencananya dilanjutkan ke Siantar, Parapat hingga Tapanuli Tengah,” terang Arief.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×