kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45788,56   1,37   0.17%
  • EMAS1.011.000 -0,10%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Sri Mulyani meresmikan aplikasi BAS Mobile Online


Kamis, 12 September 2019 / 13:18 WIB
Sri Mulyani meresmikan aplikasi BAS Mobile Online
ILUSTRASI. Menkeu Sri Mulyani saat pemaparan realisasi APBN

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meresmikan aplikasi Bagan Akun Standar (BAS) Mobile Online, Kamis (12/9).

BAS Mobile Online merupakan aplikasi ini daftar kodefikasi dan klasifikasi terkait transaksi keuangan yang disusun secara sistematis sebagai pedoman dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan keuangan pemerintah.

Sri Mulyani dalam rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Penerimaan Tahunan 2019 dengan tema Optimalisasi Informasi Keuangan di Era Digital untuk Indonesia Maju mengatakan aplikasi tersebut bisa digunakan diakses oleh seluruh lapisan masyarakat untung mengetahui laporan akuntansi dan pelaporan keuangan negara.

Baca Juga: Kemenkeu: Kebutuhan anggaran mendesak Rp 21,7 triliun, untuk Polri dan Kejaksaan

Dia menegaskan bahwa Direktorat Jendral Perbendaharaan dan akuntan Kementerian Keuangan dapat mempermudah isi laporan keuangan dalam BAS Mobile Online agar lebih friendly.

“Supaya masyarakat bisa memahami substansi keuangan negara yang lebih ringkas. Aplikasi ini menjawab pertanyaan terkait sebetulnya anggaran berapa? Anggaran kesehatan? Anggaran untuk Papua?” kata Sri Mulyani dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Penerimaan Tahunan 2019, di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/9)

Sebetulnya laporan keuangan sudah di-upload di laman Kementerian Keuangan. Namun, Sri Mulyani mengaku dengan adanya BAS Mobile Online yang bisa diunduh pada smartphone dapat memberikan penerangan laporan keuangan kepada masyarakat secara sederhana.

Baca Juga: Sri Mulyani ingin rekam medis 267 juta penduduk RI diidentifikasi, untuk apa?

Agar semakin dekat dengan masyarakat, Sri Mulyani bilang konten dari BAS Mobile Online dirancang menggambarkan dampak keuangan negara terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Data akuntansi dikaitkan dengan indikator pembangunan. Ini penting untuk memperbaiki demokrasi dan pengelolaan negara yang akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik,” ujar Sri Mulyani.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×