kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani ingin rekam medis 267 juta penduduk RI diidentifikasi, untuk apa?


Selasa, 10 September 2019 / 10:36 WIB
Sri Mulyani ingin rekam medis 267 juta penduduk RI diidentifikasi, untuk apa?
ILUSTRASI. Menkeu Sri Mulyani saat pemaparan realisasi APBN


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menginginkan rekam medis 267 Juta penduduk Indonesia diidentifikasi. Hal itu agar pemerintah bisa mengidentifikasi kebutuhan, alokasi dana kesehatan dan kebutuhan premi yang tepat dari tiap individu sesuai risiko dan kebutuhannya. 

"Sehingga tujuan utama alokasi anggaran kesehatan agar semua masyarakat Indonesia memperoleh manfaat sistem kesehatan nasional sebagai peserta dapat tercapai," tulis Sri Mulyani dalam akun Facebook pribadinya, Jakarta, Senin (9/9). 

Baca Juga: Pejabat Kemkeu dirombak besar-besaran, ini alasan Sri Mulyani

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, alokasi anggaran Pemerintah untuk sektor kesehatan masyarakat terus meningkat dalam 5 tahun terakhir. 

Bila alokasi budget untuk kesehatan Rp 59.7 pada 2014, maka angkanya melonjak lebih dari 100% menjadi Rp123,1 triliun pada 2019. 

Tahun depan kata Sri Mulyani, direncakan anggaran kesehatan akan naik lebih tinggi lagi yakni mencapai Rp132 triliun. Mayoritas dialokasikan untuk kelompok masyarakat miskin dan masyarakat hampir miskin. 

Namun menurut dia, alokasi anggaran sebesar itu perlu tepat sasaran. Oleh karena itu, Sri Mulyani menilai perlunya teknologi digital dalam membantu Pemerintah mendesain sistem kesehatan nasional yang menyeluruh dan berkelanjutan. 

Baca Juga: Seharusnya, kenaikan iuran peserta mandiri BPJS Kesehatan lebih dari 300%

"Seluruh data berupa antara lain identifikasi para peserta (masyarakat), tidak hanya identifikasi nama, tanggal lahir, tinggi dan berat badan, jenis kelamin, alamat tiap individu," kata dia. 

"Tetapi seharusnya teknologi dapat digunakan untuk mengumpulkan data individu yang menyeluruh termasuk rekam medisnya," sambung perempuan yang kerap disapa Ani itu. (Yoga Sukmana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani Ingin Rekam Medis 267 Juta Penduduk RI Diidentifikasi, Kenapa?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×