kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Soal Status dari Pandemi ke Endemi Covid-19 di Indonesia, Menkes Akan Temui WHO


Rabu, 22 Februari 2023 / 17:02 WIB
Soal Status dari Pandemi ke Endemi Covid-19 di Indonesia, Menkes Akan Temui WHO
ILUSTRASI. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin akan menemui Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Mei nanti untuk membahas mengenai penurunan status dari pandemi ke endemi Covid-19 di Indonesia.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin akan menemui Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Mei nanti untuk membahas mengenai penurunan status dari pandemi ke endemi Covid-19 di Indonesia.

Pertemuan tersebut untuk membicarakan bagaimana dan kapan waktu yang tepat bagi Indonesia untuk penentuan status dari pandemi ke endemi.

"Saya ingin ketemu Kepala WHO nanti rencana di bulan Mei untuk bicara kalau kita melakukan apakah itu tepat atau proper, atau caranya pas, timing pas seperti apa," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Rabu (22/2).

Baca Juga: Pemerintah Bakal Terapkan Vaksin Berbayar, Bisa Dibeli di Apotek dan Rumah Sakit

Koordinasi pemerintah dengan WHO diperlukan untuk penentuan status pandemi ke endemi. Sebab, Budi mengatakan, pandemi Covid-19 terjadi di seluruh dunia bukan hanya terjadi di Indonesia. Maka WHO meminta agar penentuan status endemi dapat diselaraskan dengan negara lain.

"Karena biar bagaimanapun, pandemi ini pandemi dunia. Jadi akan lebih baik kalau kita koordinasi dengan bersama antar negara-negara di dunia," imbuhnya.

Ia menyebut WHO sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Kesehatan melalui eselon I.  WHO menyerahkan status endemi ke pemerintah masing-masing negara. Namun WHO mengimbau agar setiap negara saling menyelaraskan.

Menurutnya sudah ada dua negara yang akan mengubah status dari pandemi ke endemi, yakni Jepang dan Amerika Serikat. Perkiraannya kedua negara tersebut akan mengubah status ke endemi pada bulan Mei atau Juni mendatang.

Baca Juga: Menkes Tegaskan Booster Kedua Masih Diberikan Gratis Pada Masyarakat
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×