kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,28   13,06   1.31%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Siapkan HP atau Klik Prakerja.go.id, Penerima Prakerja Gelombang 44 Akan Diumumkan


Jumat, 09 September 2022 / 08:11 WIB
Siapkan HP atau Klik Prakerja.go.id, Penerima Prakerja Gelombang 44 Akan Diumumkan
ILUSTRASI. Siapkan HP atau Klik Prakerja.go.id, Penerima Prakerja Gelombang 44 Akan Diumumkan


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Siap-siap membuka dashboad akun Kartu Prakerja di Prakerja.go.id. Hari ini akan ada pengumuman peserta penerima Kartu Prakerja Gelombang 44.

Seperti diketahui, seleksi Program Kartu Prakerja berlangsung setiap minggu. Nah, pada pekan ini berlangsung seleksi Kartu Prakerja gelombang 44.

Pendaftaran Prakerja gelombang 44 sudah dibuka pada Minggu 4 September 2022. Biasanya, setelah 5 hari pendaftaran akan berlangsung pengumuman penerima Kartu Prakerja.

Dengan demikian, hari ini, Jumat 9 September 2022 akan ada pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 44. Namun informasi resmi pengumuman penerima Kartu Prakerja biasanya akan dipublikasikan melalui akun media sosial @Prakerja.go.id

Cara cek pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 44

Sama seperti pendaftaran, pengumuman Kartu Prakerja gelombang 44 juga berlangsung secara online. Cara cek hasil pengumuman penerima Prakerja Gelombang 44 bisa diakses dengan membuka link website Prakerja.go.id.

Pada waktu pengumuman seleksi gelombang, login ke akun Anda, lalu cek dashboard. Jika lolos seleksi gelombang, Anda juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan e-mail.

Baca Juga: Buka Prakerja.go.id, Lulusan SMA Bisa Daftar Prakerja Gelombang 44, Ini Caranya

Anda bisa langsung buka SMS di handphone untuk mengetahui pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 44.

Pastikan Anda telah menonton tiga video tentang Kartu Prakerja untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja. Jika Anda tidak lolos, akan ada notifikasi "Kamu Belum Berhasil" pada dashboard akun Prakerja. Anda dapat melihat alasan tidak lolos setiap gelombang yang diikuti pada menu "Riwayat Gelombang" di dashboard Prakerja.

Langkah setelah lolos Prakerja gelombang 44

Apabila lolos Prakerja gelombang 44, cek dashboard Prakerja, catat 16 angka nomor Kartu Prakerja, dan pastikan saldo pelatihan sudah tersedia. Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik.

Gunakan 16 angka Nomor Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan. Jaga kerahasiaan nomor Kartu Prakerja agar Anda dapat terus membeli pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Gunakan fitur "Cari Pelatihan" untuk mencari pelatihan yang tersedia di Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahir, Pintaria, dan Karier Mu.

Berikutnya, cek deskripsi mencakup informasi mengenai harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi, dan cara mengajar sebagai pertimbangan sebelum membeli pelatihan. Beli dan bayar pelatihan dengan nomor Kartu Prakerja.

Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Jika mengalami kesulitan saat membeli pelatihan, Anda dapat menghubungi contact center mitra Digital Platform.

Insentif untuk penerima Prakerja gelombang 44

Setelah lolos seleksi, penerima Prakerja gelombang 44 akan mendapatkan insentif. Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama.

Insentif Prakerja gelombang 44 terdiri dari dua jenis, yakni:

  • Insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan
  • Insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp 50.000 per survei.

Kapan menerima insentif Prakerja?

Jika Anda lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, Anda akan menerima insentif biaya mencari kerja setelah:

Telah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat Jika penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif biaya mencari kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama.

Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.

Telah memberikan ulasan (review) dan penilaian (rating) terhadap pelatihan di dashboard Anda

Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun laman www.prakerja.go.id Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk mengembangkan kompetensi, produktivitas, daya saing dan kewirausahaan angkatan kerja Indonesia melalui ekosistem yang dibangun dengan kemitraan multi-pihak.

Program Kartu Prakerja masih akan berlanjut tahun 2023 mendatang. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, program Kartu Prakerja di 2023 menargetkan 500.000 peserta.

Adapun jumlah target peserta Kartu Prakerja tahun depan menurun dibandingkan tahun 2022 yang sebanyak 2,9 juta peserta dan 2021 sebanyak 5,6 peserta.

Menurut pemerintah, penurunan ini seiring dengan semakin terkendalinya pandemi Covid-19. Sri Mulyani menjelaskan, anggaran untuk program Kartu Prakerja itu dialokasikan ke dalam anggaran perlindungan sosial (perlinsos) yang sebesar Rp 479,1 triliun.

Adapun perlinsos mencakup pula alokasi untuk bansos, subsidi, hingga beasiswa bagi pelajar. Menurutnya, besaran anggaran perlinsos untuk tahun depan, tetap merupakan angka yang tinggi jika dibandingkan masa sebelum pandemi yang hanya sebesar Rp 308,4 triliun. 

Dilansir dari website Sekretariat Kabinet, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi program Kartu Prakerja yang diluncurkan saat Indonesia mengalami situasi sulit di awal pandemi Covid-19. Program ini tidak hanya membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi tetapi juga meningkatkan produktivitas, pengalaman, dan keterampilan penerima program melalui berbagai macam pelatihan yang ditawarkan.

Hal ini disampaikan Presiden saat bersilaturahmi dengan Alumni Penerima Kartu Prakerja, di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/06/2022). “Saya sangat apresiasi. Yang daftar itu sampai saat ini sudah 115 juta, yang terverifikasi 84 juta, yang diterima 12,8 juta (orang). Besar sekali. Ini angka yang tidak kecil. (Sebanyak) 12,8 juta (orang) yang produktivitasnya meningkat, skill-nya meningkat, pengalaman kerjanya karena pelatihan ini menjadi meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Menko Perekonomian mengatakan bahwa program Kartu Prakerja juga telah mendapatkan apresiasi dari dunia Internasional. Bahkan, Airlangga menyebut sejumlah negara ingin mempelajari sistem Kartu Prakerja di Indonesia.

“Kemarin dalam pertemuan di Davos, Menteri Liesje dari Belanda dengan Perdana Menteri juga mengatakan Kartu Prakerja mereka ingin melihat dan ini bisa direplikasi di negara-negara berkembang yang lain,” imbuhnya.

Itulah informasi cara cek pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 44. Banyak berdoa, sebelum pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 44 keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×