kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,28   13,06   1.31%
  • EMAS981.000 0,41%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Sertifikat vaksin belum muncul di PeduliLindungi, ini solusi terbaru dari Kemenkes


Sabtu, 13 November 2021 / 10:53 WIB
Sertifikat vaksin belum muncul di PeduliLindungi, ini solusi terbaru dari Kemenkes
ILUSTRASI. Pengunjung memindai kode QR melalui aplikasi PeduliLindungi di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (8/9). Sertifikat vaksin belum muncul di PeduliLindungi, ini solusi terbaru dari Kemenkes. KONTAN/Cheppy A. Muchlis.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan atau Kemenkes memperbaiki fitur dan layanan PeduliLindungi, terutama untuk mempercepat respons pengaduan masyarakat terkait sertifikat vaksin, misalnya, belum muncul di aplikasi. 

Selama ini, pengaduan pengaduan masyarakat terkait sertifikat vaksin melalui e-mail dan Call Center 119. Kini, masyarakat bisa mengadi lewat layanan chatbot WhatsApp PeduliLindungi.

Untuk mengakses layanan chatbot ini, masyarakat bisa menghubungi WhatsApp PeduliLindungi Kemenkes di nomor 081110500567. 

Untuk keamanan data, masyarakat akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi dan kode OTP terlebih dahulu. 

Selanjutnya, menu Download Sertifikat, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri akan tampil di layanan chatbot WhatsApp PeduliLindungi, dan bisa masyarakat pilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Mau perbarui data vaksinasi COVID-19, langsung WhatsApp nomor Kemenkes ini

Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, selama ini, jumlah rata-rata aduan per minggu lebih dari 134.000 ke e-mail dan 80.000 lewat telepon. 

Sebagian besarnya terkait dengan informasi sertifikat vaksin dan penyesuaian data, seperti nama dan nomor ponsel.

"Oleh karena itu, Kemenkes menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan info diri," katanya, dikutip dari laman resmi Kemenkes, Sabtu (13/11).

Download sertifikat vaksin

Dalam chatbot PeduliLindungi, terdapat tiga menu utama yang bisa masyarakat gunakan: Download Sertifikat Vaksin, Status Vaksinasi, dan Ubah Info Diri.

Masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat dan terkendala untuk mengaksesnya di aplikasi PeduliLindungi bisa memilih menu Download Sertifikat. Pengecekan status vaksinasi juga bisa masyarakat lakukan melalui menu Status Vaksinasi.

Baca Juga: Cara unduh sertifikat vaksin Covid-19 dan solusi jika tak muncul di PeduliLindungi

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×