kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Serba serbi sertijab: Gelak tawa Jonan, Nadiem masih kaku, hingga air mata Susi...


Kamis, 24 Oktober 2019 / 10:49 WIB
Serba serbi sertijab: Gelak tawa Jonan, Nadiem masih kaku, hingga air mata Susi...
ILUSTRASI. Serah terima jabatan Menteri ESDM Ignatius Jonan kepada Arifin Tasrif di Jakarta, Rabu (23/10).

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo telah mengumumkan para menteri yang mengisi kabinet barunya, Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10/2019). Ada wajah-wajah baru, ada juga "pemain lama" yang mengisi Kabinet Indonesia Kerja sebelumnya.

Berbagai cerita muncul dari serah terima jabatan antara menteri yang lama kepada menteri yang baru. Dua di antaranya, saat cerita mantan Menteri ESDM, Ignasius Jonan, yang memancing gelak tawa, dan tetes air mata mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Ini serba-serbi yang mewarnai serah terima jabatan menteri, dirangkum dari pemberitaan Kompas.com:

Baca Juga: Ditanya program 100 hari, ini jawaban mengejutkan Erick Thohir

Gelak tawa Ignasius Jonan

Salah satu cerita menarik datang dari Ignasius Jonan. Sebelum Sertijab yang dilakukan di Kementerian ESDM, tepatnya di Ruang Sarulla, Gedung Chairil Saleh, Jonan memiliki cerita sesaat sebelum melepas jabatannya.

Jonan bercerita tentang istrinya, Ratnawati, yang menanyakan kesiapannya sebelum sertijab. "Istri saya tanya, 'Nanti mau ngomong apa udah siap belum?'" ujar Jonan, menirukan perkataan istrinya. Cerita Jonan diambut gelak tawa para pegawai Kementerian ESDM yang hadir. Jonan mengatakan, ia sudah siap.

Akan tetapi, istrinya kembali lagi mengulang pertanyaannya. "'Yang bener'?," ucap Jonan kembali menirukan istrinya.

Kali ini, Jonan mengaku hanya menjawab singkat. “Iya,” ujar dia, mengungkapkan jawabannya. Pada kesempatan itu, Jonan melakukan serah terima jabatan Menteri ESDM kepada menteri yang baru, Airifn Tasrif. Menurut Jonan, Arifin merupakan sosok yang telah lama dikenalnya.

Baca Juga: Meski merasa rugi tolak jabatan menteri, ini alasan kuat Risma




TERBARU

×