kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,67   -0,77   -0.08%
  • EMAS937.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.83%
  • RD.CAMPURAN 0.50%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Satgas sebut Presiden Jokowi akan terapkan PPKM skala mikro mulai 9 Februari


Jumat, 05 Februari 2021 / 18:10 WIB
Satgas sebut Presiden Jokowi akan terapkan PPKM skala mikro mulai 9 Februari
ILUSTRASI. Satgas Covid-19 sebuty Presiden Jokowi akan terapkan PPKM skala mikro mulai 9 Februari./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/01/02/2021.

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19 Nasional, Alexander K Ginting menyebut rencana kebijakan lanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali yang berakhir 8 Februari nanti. 

Kata Alex, keputusan Presiden Jokowi, kebijakan PPKM yang bertujuan menekan angka penyebaran kasus corona akan diperpanjang tapi ada perubahan terkait PPKM skala mikro. 

"Berdasarkan keputusan dari Presiden, mulai 9 Februari akan berlaku PPKM skala mikro. Ada posko di desa, posko yang mendampingi Puskesmas, posko yang mendampingi pelacak, sehingga mereka yang terpapar corona diisolasi atau dikarantina harus 14 hari dikurung. Tapi  harus dikasih makan, harus diawasi," ujar Alex dalam diskusi BNPB yang digelar secara virtual, Jumat (5/2).

Baca Juga: Jateng di rumah saja, semua wisata candi di Jawa Tengah tutup

Alex tak menjelaskan lebih detail atas kebijakan itu, termasuk rencana kebijakan PPKM ini hanya akan berlaku Pulau Jakarta Bali atau berlaku secara nasional. 

Alex merujuk data kasus aktif per tanggal 4 Februari 2021, kasus aktif corona di Indonesia masih berada pada angka yang cukup tinggi yakni 15,59 persen. Hal itu bahkan diperburuk dengan total kasus COVID-19 yang per Januari 2021 sudah menembus angka 1 juta kasus.

"Artinya rantai penularan ini masih berlangsung jadi kontak dan kemudian yang sakit masih ada di daerah hulu sehingga ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Tidak hanya untuk orang kesehatan, tapi juga untuk seluruhnya sektor yang ada, karena yang namanya pandemi itu dibutuhkan intervensi multisektor," ucap Alex.

"Diperberat lagi dengan angka kematian bertambah 231 per hari, sehingga jumlah yang meninggal itu 31 ribu dan angka kematian itu juga 2,76 persen," sambungnya.

Baca Juga: Kota Bogor akan berlakukan ganjil-genap tiap akhir pekan, sanksinya diputar balik

Tingginya tingkat transmisi di sejumlah klaster seperti perkantoran hingga keluarga, menurut Alex, juga menjadi pertimbangan pemerintah untuk menetapkan aturan pembatasan tersebut. 

Transmisi penularan kasus bukan hanya daerah, tapi ke tingkat komunitas. Makanya, kata Alex, intervensi dilakukan sampai tingkat pedesaan. 
 
"Makanya dibuatlah sekarang programnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berskala mikro, itu judulnya," ungkap Alex.

Kata dia, intinya program PPKM berskala mikro ini sama dengan program sebelumnya. Hanya saja prinsip penanggulangannya seperti penerapan ketat 3M dan 3T dilakukan hingga ke tingkat komunitas atau RT RW.

Baca Juga: Berlakukan PSBB Skala Mikro tingkat RW, ini 13 kebijakan pembatasan di Kota Bogor

"3M itu supaya kita memakai masker, menjaga jarak, dan kemudian kita mengurangi mobilitas dan sebagainya itu harus jadi perilaku kita sehari-hari. Nah 3T kita harus melakukan pelacakan, kita harus melacak mereka yang terkonfirmasi, mereka yang bergejala atau suspek, kemudian mereka juga yang kontak erat," kata Alex.
 

 

 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
(VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2 Panduan cepat Strategi Pemasaran Berbasis KPI

[X]
×