kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut Delegasi Sidang AIPA, Ketua DPR Bicara Kontribusi Parlemen Hadapi Krisis di AS


Senin, 07 Agustus 2023 / 11:28 WIB
Sambut Delegasi Sidang AIPA, Ketua DPR Bicara Kontribusi Parlemen Hadapi Krisis di AS
ILUSTRASI. Ketua DPR RI Puan Maharani usai Sidang Paripurna ke 27 di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Selasa (20/6).


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua DPR RI sekaligus Presiden ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA) ke-44, Puan Maharani menyambut delegasi sidang umum forum parlemen negara-negara Asia Tenggara itu. Ia pun mengingatkan pentingnya peran parlemen menghadapi krisis di kawasan ASEAN.

Sidang Umum AIPA ke-44 diselenggarakan di Jakarta sebagai salah satu puncak keketuaan DPR RI di AIPA tahun 2023. Sebagai tuan rumah, DPR RI menyambut para delegasi Sidang AIPA yang terdiri dari 9 parlemen Asia Tenggara.

Menurut Puan, parlemen anggota AIPA perlu berperan aktif dalam mengatasi berbagai tantangan kawasan dan global. Berbagai dinamika itulah yang membuat DPR RI mengusung tema 'Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN' dalam sidang umum AIPA kali ini.

Baca Juga: Cak Imin dan Puan Maharani akan Makan Siang Bersama pada Kamis (27/7)

Berbagai krisis regional dan global telah menjadi ujian bagi soliditas ASEAN. Untuk itu, Sidang Umum AIPA ke-44 dinilai perlu mendukung ASEAN unity and centrality, yang mengalami tantangan berat karena meningkatnya persaingan antara kekuatan besar.

“Kontribusi parlemen semakin diperlukan dalam mengembangkan kerja sama antar negara, menciptakan perdamaian, dan menurunkan ketegangan antar kekuatan besar,” kata Puan dalam agenda Courtesy Call dengan pimpinan delegasi peserta AIPA ke-44, Senin (7/8).

Puan menilai, ASEAN perlu menegaskan kembali komitmennya untuk menjaga stabilitas dan keamanan Asia Tenggara. Terutama di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut.

“Selain itu, Sidang Umum AIPA ke-44 dapat menjadi wadah bagi para anggota Parlemen di Asia Tenggara untuk mempererat persahabatan,” kata Puan.

Puan mengatakan, hubungan persahabatan yang baik dapat membuka kesempatan memperluas kerja sama yang lebih besar di antara negara anggota ASEAN.

Baca Juga: Puan Maharani Sebut Masih Ada Harapan Megawati Bertemu SBY

Sebagai Ketua Majelis Majelis Umum Sidang AIPA ke-44, ia pun berharap solidaritas dan persahabatan negara-negara ASEAN dapat membantu terwujudnya pertemuan AIPA yang produktif.

“Saya akan memimpin proses pertemuan AIPA ini secara inklusif dan transparan. Dan saya mengharapkan semua keputusan dapat diambil secara konsensus,” ucap Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×