kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Restitusi Pajak Meningkat di Akhir Tahun 2022, Diduga Hal Ini Penyebabnya


Senin, 16 Januari 2023 / 19:42 WIB
Restitusi Pajak Meningkat di Akhir Tahun 2022, Diduga Hal Ini Penyebabnya
ILUSTRASI. Petugas melayani wajib pajak di salah satu kantor pelayanan pajak pratama di Jakarta, Kamis (29/12/2022). Restitusi Pajak Meningkat di Akhir Tahun 2022, Diduga Hal Ini Penyebabnya.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sampai dengan akhir Desember 2022, realisasi pengembalian pajak atau restitusi pajak tercatat Rp 280,41 triliun. Restitusi pajak naik 42,99% secara tahunan atau year on year (YoY) dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak) Kementerian Keuangan menyebut, realisasi restitusi pada periode laporan didominasi oleh restitusi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Dalam Negeri sebesar Rp 223,83 triliun atau meningkat 69,60 % secara tahunan.

Peneliti Perpajakan Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Fajry Akbar mengatakan ada banyak hal yang menyebabkan kenaikan restitusi pajak. Namun, ia menduga bahwa kenaikan restitusi ini juga berasal dari PT Pertamina (Persero) yang mengajukan restitusi pajak.

Baca Juga: Naik 42,9%, Restitusi Pajak Hingga Desember 2022 Tembus Rp 280,41 Triliun

"Memang extraordinary ya, bisa tanyakan langsung ke DJP (Direktorat Jenderal Pajak), kabarnya ada restitusi pertamina yang nilainya Rp 90 triliun," ujar Fajry kepada Kontan.co.id, Selasa (16/1).

Namun saat dikonfirmasi terkait pengajuan restitusi PT Pertamina, DJP belum menjawab pertanyaan yang diberikan Kontan.co.id. Saat dikonfirmasi ke PT Pertamina, pihaknya juga belum membenarkan terkait data restitusi tersebut.

"Sejauh ini tidak ada hal tersebut di Pertamina," kata Corporate Communication Heppy Wulansari kepada Kontan.co.id, Selasa (16/1).

Hanya saja, Kasubdit Peraturan PPN Perdagangan, Jasa dan Pajak Tidak Langsung Lainnya DJP Bonarsius Sipayung mengatakan, restitusi PPN dimungkinkan karena sistem PPN pengkreditan yang diatur dalam perundang-undangan PPN di Indonesia.

Baca Juga: Pemerintah akan Susun RPP tentang Tarif Pemotongan PPh 21

"Besar kecilnya nilai restitusi PPN tidak dipengaruhi oleh variabel ekonomi tetapi variasi transaksi yang terutang PPN oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP)," kata Bonar.

Oleh karena itu, Bonar menerangkan, naik turunnya nilai restitusi tidak menggambarkan atau mengindikasikan fenomena ekonomi, sehingga nilai restitusi PPN yang naik pada Desember 2022 tidak menggambarkan fenomena ekonomi tertentu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×